Kompetensi Utama

Layanan


BBTMC BPPT dan LAPAN Kerja Sama Rancang Bangun Wahana Roket Untuk Penelitian Teknologi Modifikasi Cuaca
Penulis : BBTMC/Humas/HMP • Media : bppt.go.id • 02 Jun 2016 • Dibaca : 10011 x ,

Dalam upaya meningkatkan inovasi teknologi wahana penyemaian awan, Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT bekerjasama dengan Pusat Teknologi Roket LAPAN melakukan kegiatan rancang bangun wahana roket untuk penelitian Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Penandatanganan naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Rancang Bangun Wahana Roket Untuk Penelitian TMC ini digelar di di Ruang Rapat Antariksa, Kantor Pusat LAPAN, Jakarta, (01/06).

Penandatanganan naskah PKS secara simbolis dilakukan oleh Kepala Bagian Umum BBTMC BPPT, Jon Arifian mewakili Kepala BBTMC, sementara dari pihak LAPAN, naskah PKS ditandatangani oleh Kepala Biro Kerja Sama dan Humas LAPAN, Christianus R. Dewanto.



Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddinmenyambut baik kegiatan kerja sama rancang bangun wahana roket untuk penelitian TMC ini. “Sampai saat ini, LAPAN telah bekerja sama dengan sejumlah kementerian dan lembaga untuk saling mengisi dan memperkuat pemanfaatan fasilitas yang dimiliki masing-masing. Dengan BPPT adalah salah satunya,” ujar Thomas.



Kegiatan rancang bangun wahana roket TMC ini bertujuan untuk menghasilkan alternatif wahana penyampaian bahan semai baru, selain penyampaian bahan semai secara konvensional yang biasanya dilepaskan/ditaburkan dengan menggunakan wahana pesawat terbang. Dalam implementasi kerja sama ini nantinya BBTMC akan menyediakan bahan semai termasuk sistem penyampaian bahan semai ke dalam awan.


Sementara Pusat Roket LAPAN akan menyediakan motor roket dengan spesifikasi teknis yang disesuaikan dengan keperluan modifikasi cuaca. Kerjasama ini memiliki target di tahun 2018 mendatang, wahana roket TMC siap diimplementasikan dalam Kegiatan Modifikasi Cuaca, sebagai alternatif baru dalam hal metode penyampaian bahan semai ke dalam awan. (BBTMC/Humas/HMP).

Sumber :
http://www.bppt.go.id/teknologi-sumberdaya-alam-dan-kebencanaan/2643-bbtmc-bppt-dan-lapan-tandatangani-perjanjian-kerja-sama-rancang-bangun-wahana-roket-untuk-penelitian-teknologi-modifikasi-cuaca








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL