Kompetensi Utama

Layanan


Perkuat Data Pertanian, Kementan Gandeng Lapan
Penulis : Pramdia Arhando Julianto • Media : Kompas.com • 16 Jun 2016 • Dibaca : 24384 x ,



JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) untuk penguatan data.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Hari Priyono mengatakan, selama ini Kementan kerap mengalami dilema mengenai data.

Seperti diketahui, data selalu menjadi landasan penetapan kebijakan penting di bidang pangan dan pertanian pada umumnya.

"Data kami selalu diragukan. Kalau produksi kami cukup, selalu diragukan. Kalau kurang, tidak ada komentar. Apalagi kalau sudah soal impor," ujar Hari, setelah melakukan MoU di Kantor Pusat Kementan, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2016).

Data Lapan akan yang berupa citra satelit, yaitu Citralkonos, GeoEye, QuickBird, WorldView-1, WorldView-2, dan Pleides digunakan untuk pemetaan lahan pertanian sawah, perkebunan, hortikultura, maupun pemetaan infrastruktur jaringan irigasi, jalan usaha tani, dan lainnya.

“Untuk memantau penanaman padi mulai dari fase penggenangan, fase tanam, vegetatif-1, vegetatif-2, vegetatif maksimum, generatif-1, generatif-2, hingga panen dan bera, dipantau menggunakan citra landsat-8,” jelas Hari.

Menurutnya, hasil dari citra satelit ini sangat bermanfaat digunakan sebagai sarana early warning system dan bahan pengambilan kebijakan pangan.

Selain itu, data tersebut juga untuk perancangan teknis di lapangan, di antaranya program percepatan tanam, estimasi kebutuhan benih, pupuk, pasca panen, dan juga estimasi stok.

“Dengan citra satelit, data disajikan secara transparan dan fair dapat divalidasi oleh para pihak,” tuturnya.

Sumber :
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/06/16/190952426/perkuat.data.pertanian.kementan.gandeng.lapan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL