Kompetensi Utama

Layanan


Lapan A3/IPB Segera Mengorbit
Penulis : Faris Sabilar Rusydi • Media : Sainsindonesia.co.id • 17 Jun 2016 • Dibaca : 18738 x ,

Bogor, Sains Indonesia - Produktivitas hasil riset dan pengembangan teknologi satelit Indonesia semakin meningkat. Pada 22 Juni 2016 mendatang, satelit eksperimental Lapan A3/IPB siap mengorbit di langit Nusantara. Dengan sistem yang terbangun di dalamnya, satelit ini akan membantu pemantauan kondisi alam di seluruh wilayah tanah air.

Dari rilis yang diterima Majalah Sains Indonesia(17/6), Satelit eksperimental ketiga buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) itu akan diluncurkan dari Sriharikota, India. Sementara di Indonesia, Lapan akan mengadakan live streamingpeluncuran dari Pusat Teknologi Penerbangan Lapan di Bogor pukul 10.00 WIB. Rencananya Wakil Presiden Jusuf Kalla akan hadir dalam acara tersebut.

Satelit yang dibangun atas dasar kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini secara khusus akan difungsikan untuk memantau tanaman pangan. Namun demikian, hasil pemantauan juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah di bidang maritim. Dengan sensor Automatic Identification System (AIS), Lapan A3/IPB mampu memantau pergerakan kapal laut dari ketinggian.

Selain itu, zona potensi penangkapan ikan juga disampaikan secara rutin setiap harinya sehingga dapat mendukung peningkatan produktivitas penangkapan ikan. Informasi tentang pertumbuhan padi juga dapat disajikan oleh satelit generasi terbaru ini untuk membantu Kementerian Pertanian dalam menajemen distribusi pupuk dan prakiraan panen secara nasional.

Sumber :
http://www.sainsindonesia.co.id/index.php/kabar-terkini/2397-lapan-a3ipb-segera-mengorbit








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL