Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Target Luncurkan Roket Pengorbit Satelit Pada 2040
Penulis : Faris Sabilar Rusydi • Media : Sainsindonesia.co.id • 17 Jun 2016 • Dibaca : 12430 x ,

Bogor, Sains Indonesia -- Selama ini satelit buatan Lapan selalu diorbitkan dengan “menumpang” roket India. Seiring dengan Penetapan Rencana Induk Riset Nasional (RIRN), Lapan optimistis Indonesia mampu meluncurkan Roket Pengorbit Satelit (RPS) sendiri pada 2040.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Teknologi Roket - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Sutrisno dalam Focus Group Discussion (FGD) Bidang Pertahanan dan Kemanan di Bogor (15/6). Dalam paparannya Sutrisno mengatakan bahwa mimpi meluncurkan RPS yang membawa satelit sendiri memang masih jauh, meskipun bukan hal yang mustahil.

Sampai pertengahan 2016 ini, ungkap Sutrisno, Indonesia masih terus mengembangkan roket sonda sebagai langkah awal membangun RPS. Roket sonda merupakan teknologi roket yang jamak digunakan untuk misi penelitian tentang parameter atmosfer, kelembaban temperatur, dan lainnya.

“Jika kita mampu menguasai teknologi roket sonda, meluncurkan satelit dengan RPS sendiri di masa depan bukan lagi hal yang mustahil. Kami akan terus mencoba, meneliti, dan mengembangkan berbagai jenis roket sesuai tahapannya, karena kita perlu roket bertingkat untuk membawa satelit menuju ketinggian tertentu,” jelas Sutrisno kepada Majalah Sains Indonesia.

Dengan memiliki RPS sendiri, Indonesia akan mendapat banyak keuntungan, khususnya dari sisi teknis dan finansial. “Satelit eksperimental yang sudah mengorbit seluruhnya diluncurkan oleh roket pengorbit negara lain dengan biaya sangat tinggi. Dan karena kita ‘numpang’, berarti schedule peluncurannya tentu harus ikut mereka. Kita pun wajib tunduk pada batasan dan aturan yang mereka tetapkan. Makanya akan lebih baik jika kita punya RPS sendiri,” papar Sutrisno.

Disamping riset pembuatan RPS, Indonesia juga terus mengkaji kemungkinan mendirikan stasiun peluncuran roket tersebut di Indonesia Timur. Proses feasibility study ini penting agar roket dapat meluncur dengan baik sesuai standar keamanan, keselamatan, dan analisa dampak lingkungan.

Sumber :
http://www.sainsindonesia.co.id/index.php/kabar-terkini/2396-lapan-target-luncurkan-roket-pengorbit-satelit-pada-2040








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL