Kompetensi Utama

Layanan


Azerbaijan Tawarkan Pemanfaatan Teknologi Satelit Komunikasi dan Penginderaan Jauh
Penulis Berita : Humas/Zk • Fotografer : Humas/Zk • 21 Jun 2016 • Dibaca : 32323 x ,

Foto bersama Kepala LAPAN dan Jajaran dengan Perwakilan Republik Azerbaijan

Republik Azerbaijan berminat untuk menjalin kerja sama dengan LAPAN lantaran berbagai prestasi LAPAN dalam memengembangkan riset di bidang penerbangan dan antariksa, khususnya keberhasilan LAPAN dalam merancang bangun dan meluncurkan satelit, mulai dari Satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSAT, LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, dan kini segera mengorbit Satelit LAPAN-A3 pada tanggal 22 Juni 2016. Untuk merealisasikan rencana kerja sama tersebut, maka telah berkunjung Konselor Ruslan Nasibov di Kantor LAPAN Pusat, Jakarta, Selasa (21/06) untuk menjajaki kerja sama. 

Berkunjungnya perwakilan Republik Azerbaijan tersebut disambut langsung oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin yang didampingi Sekretaris Utama, I.L. Arisdiyo, Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Afif Budiyono, dan Kepala Bagian Kerjasama, Leo K. Rijadi. Kepala LAPAN menyampaikan gambaran organisasi, hasil penelitian dan pengembangan (Litbang) teknologi penerbangan dan antariksa, serta berbagai fasilitas yang dimiliki LAPAN seperti stasiun bumi dan balai pengamat dirgantara. Dari hasil diskusi, muncul peluang kerja sama di bidang teknologi satelit komunikasi dan penginderaan jauh. 

Dalam presentasinya, Ruslan menjelaskan kemampuan teknologi satelit komunikasi dan penginderaan jauh yang dimiliki negaranya. Secara histroris, Azerbaijan mulai merintis teknologi antariksa pada tahun 2008, dengan dibentuknya Badan Antariksa Azercosmos berdasarkan instruksi Presiden Ilham Aliyev. Hal tersebut karena alasan keinginan menciptakan adanya industri kedirgantaraan yang modern di Azerbaijan sebagai penggerak ekonomi ke dua setelah minyak dan gas. 

Dalam waktu yang relatif singkat, Azercosmos telah meluncurkan satelit Azerspace-1, juga dikenal sebagai AzerSat-1. Satelit tersebut merupakan satelit pertama milik Azerbaijan yang berhasil mengorbit di ruang angkasa. Satelit dibangun oleh Orbital Sciences Corporation dan diluncurkan pada tanggal 7 Februari 2013. Satelit ini digunakan untuk komunikasi, mendukung pemancaran siaran TV, radio, dan internet. 

Karena banyaknya permintaan slot satelit, maka Azercosmos mempersiapkan satelit generasi ke dua yaitu Azerspace-2 yang akan diluncurkan tahun 2017. Azerbaijan juga memiliki satelit penginderaan jauh resolusi tinggi 1.5 m yaitu Aersky yang diluncurkan tahun 2014. Satelit ini dibuat oleh Airbus Defence and Space. 

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, kedua pihak saling tukar informasi sebagai bahan pertimbangan untuk ditindaklanjuti ke dalam rancangan kerja sama secara teknis. Menurut Kepala LAPAN, hal ini akan menjadi bahan kajian lebih lanjut bagi LAPAN. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL