Kompetensi Utama

Layanan


JK Akan Hadiri Peluncuran Satelit Lapan
Penulis : Dani Prabowo • Media : Kompas.com • 22 Jun 2016 • Dibaca : 25852 x ,

BOGOR, KOMPAS.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan meluncurkan satelit Lapan-A3/Lapan-IPB pada hari ini, Rabu (22/6/2016).

Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan menyaksikan peluncuran satelit tersebut di Pusat Teknologi Penerbangan Lapan, Rumpin, Bogor, Jawa Barat.

Satelit yang akan diluncurkan hari ini merupakan satelit generasi ketiga, yang membawa misi untuk memantau sumber daya pangan.

Satelit ini merupakan pengembangan yang dilakukan Lapan bersama Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Satelit ini diagendakan diluncurkan dari Sriharikota, India. Sistem yang terbangun di dalamnya akan membantu pemantauan terhadap kondisi alam Indonesia yang mempunyai tingkat biodiversitas tinggi," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan, Jasyanto, melalui keterangan tertulis.

Satelit yang memiliki berat 115 kilogram ini membawa misi penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumber daya pangan.

Jasyanto mengatakan, satelit ini dibangun agar mampu mengidentifikasi tutupan dan penggunaan lahan serta pemantauan lingkungan.

"Muatan penginderaan jauh satelit ini berupa 4 bands multispectral imager beresolusi 18 meter dengan lebar Swatch 100 kilometer," ujar dia.

Selain pada bidang pangan, satelit ini juga mengemban misi pemantauan kapal laut dengan memanfaatkan sensor Automatic Identification System (AIS).

Hasil pemantauannya juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah di bidang kemaritiman.

"Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam membangun ekonomi berkelanjutan, salah satunya maritim," kata dia.

Sumber :
http://nasional.kompas.com/read/2016/06/22/09182281/jk.akan.hadiri.peluncuran.satelit.lapan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL