Kompetensi Utama

Layanan


Wapres JK Nonton Bareng Peluncuran Satelit LAPAN A3/IPB
Penulis : Muhammad Taufiqqurahman • Media : Detik.com • 22 Jun 2016 • Dibaca : 22776 x ,

Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) siang ini akan menyaksikan peluncuran satelit LAPAN-A3/IPB di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Rumpin, Bogor. Satelit ini membawa misi pemantauan sumber daya pangan, lahan dan lingkungan.

Satelit generasi ketiga ini akan diluncurkan pada pukul 10.55 WIB di Pusat Antariksa Satihs Dhawan, Sriharikota, India, Rabu (22/6/2016). Nonton bareng ini juga akan dihadiri Menristekdikti M Nasir dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Ada 4 misi satelit LAPAN A3 yakni untuk pemotretan lahan pertanian, pemantauan kapal laut, pengukuran medan magnet bumi, dan uji hasil rekayasa Lapan. Peluncuran satelit ini sekaligus meresmikan sitem pemantauan maritim berbasis IPTEK penerbangan dan antariksa, sistem ini ada di dalam komponen satelit yang dikembangkan LAPAN.

"Muatan penginderaan jauh satelit ini berupa 4 band multispectral imager beresolusi 18 meter dengan lebar 100 kilomeer," ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Jasyanto di Pusa Teknologi Penerbangan Lapan, Jalan Raya Rumpin, Sukamulya, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2016).

Tidak hanya untuk pangan, satelit ini untuk memantau wilayah maritim Indonesia, termasuk kapal laut dengan memanfaatkan sensor Automatic Indentification System (AIS).

"Di sektor maritim zona potensi penangkapan ikan akan disampaikan setiap harinya untuk mendukung produktivitas penangkapan ikan," terangnya.

"Termasuk data pergerakan kapal dan pertumbuhan padi, sambung Jasyanto.


Sumber : http://news.detik.com/berita/3239088/wapres-jk-nonton-bareng-peluncuran-satelit-lapan-a3-ipb








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL