Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Siap Luncurkan Satelit Pemantau Alam Indonesia
Penulis : Aulia Bintang Pratama • Media : CNNIndonesia.com • 22 Jun 2016 • Dibaca : 22383 x ,

Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN akan meluncurkan satelit yang berfungsi memantau kondisi alam Indonesia yang tingkat biodiversitasnya tinggi. Satelit bernama LAPAN-A3/LAPAN-IPB tersebut akan diluncurkan hari ini, Rabu (22/6) dan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla mengungkapkan satelit LAPAN-A3 tersebut bukan berfungsi untuk komunikasi melainkan benar-benar untuk memantau cuaca di Indonesia.

"Ini satelit kecil untuk cuaca, skalanya terbatas," ujar Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden kemarin malam.

Peluncuran satelit tersebut dilaksanakan di Sriharikota, India, hari ini. Jusuf Kalla dan para petinggi LAPAN akan menyaksikan peluncuran di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN melalui live streaming.

LAPAN berkata satelit terbarunya kali ini dibangun atas kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor. Ia dirancang untuk membantu pemantauan kondisi alam Indonesia yang punya tingkat keanekaragaman sumber daya alam tinggi.

Dengan berat 115 kilogram, satelit tersebut akan membawa misi penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumber daya pangan di Indonesia.

Muatan penginderaan jauh satelit tersebut adalah 4 bands multispectral imager dengan resolusi 18 meter dan lebar swath 100 kilometer.

Dengan spesifikasi tersebut, LAPAN-A3 diharapkan bisa mengidentifikasi tutupan, penggunaan lahan, dan pemantauan lingkungan.

Hasil pemantauannya juga dapat dimanfaatkan untuk program maritim, termasuk misi pemantauan kapal laut dengan memanfaatkan sensor Automatic Identification System (AIS).

Sumber : http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160622084345-199-140008/lapan-siap-luncurkan-satelit-pemantau-alam-indonesia/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL