Kompetensi Utama

Layanan


Wapres Saksikan Peluncuran Satelit Pertama di Sektor Pertanian Milik LAPAN
Penulis : Novi Setuningsih • Media : BeritaSatu.com • 22 Jun 2016 • Dibaca : 19458 x ,

Jakarta- Setelah menyaksikan peluncuran satelit perbankan pertama milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perbankan, BRIsat, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) kembali akan menyaksikan peluncuran satelit. Kali ini karya anak negeri, yaitu satelit LAPAN-A3/IPB, atau satelit pertama di sektor pertanian pada Rabu (22/6) sekitar pukul 10.00 WIB. Satelit yang menghabiskan dana Rp 60 miliar ini, akan diluncurkan dari Sriharikota, India.

JK dijadwalkan menyaksikan peluncuran satelit sekaligus meresmikan pembukaan pengembangan sistem pemantauan maritim berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) penerbangan dan antariksa, di Pusat Teknologi Penerbangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), di Jalan Raya Lapan Rumpin, Bogor.

Ketika menghadap Wapres JK, beberapa bulan lalu, Kepala Lapan Thomas Djamaluddin menjelaskan empat fungsi satelit A3/LAPAN-IPB. Pertama, pemantauan lahan khususnya pertanian dan hasilnya akan dikalkulasi oleh Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kedua, satelit ini akan difungsikan untuk pemantauan kemaritiman terutama kapal di wilayah Indonesia. Dengan harapan, membantu kementerian terkait mengetahui praktik illegal fishing di wilayah perairan Tanah Air.

Ketiga, satelit juga akan difungsikan untuk pengukuran medan magnet bumi. Fungsi keempat, untuk uji eksperimen peralatan yang dikembangkan insinyur Lapan yaitu sensor bintang untuk pengendalian satelit.

Satelit pertanian pertama tersebut akan mengorbit secara polar dengan jangkauan ketinggian sekitar 500 kilometer (km). Selanjutnya, satelit akan mengelilingi bumi sebanyak 14 kali dan melintasi Indonesia empat kali setiap harinya.


Sumber : http://www.beritasatu.com/sains/371159-wapres-saksikan-peluncuran-satelit-pertama-di-sektor-pertanian-milik-lapan.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL