Kompetensi Utama

Layanan


JK: Satelit Bisa Bantu Atasi Krisis Pangan
Penulis : Novi Setuningsih • Media : BeritaSatu.com • 22 Jun 2016 • Dibaca : 21335 x ,

Bogor - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) kembali menyindir perihal ketidakakuratan data secara nasional yang kerap menyebabkan salah perhitungan, sehingga tak jarang membuat pemerintah harus membuat kebijakan membuka keran impor.

Hal itu diungkapkan JK saat meresmikan pembukaan pusat pengembangan sistem pemantauan maritim berbasis IPTEK penerbangan dan antariksa, sekaligus menyaksikan siaran langsung peluncuran Satelit A3/LAPAN-IPB di Pusat Teknologi Penerbangan Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), di Jalan Raya Lapan Rumpin, Bogor, Rabu (22/6).

Menurut JK, memang dibutuhkan adanya perangkat teknologi yang mampu memetakan potensi pertanian sekaligus kelautan secara akurat. Oleh karena itu, adanya satelit A3/LAPAN-IPB diharapkan menjadi solusi.

"Selama ini, apabila hanya mengandalkan kasat mata maka terjadilah keributan nasional. Produksi pangan contohnya, akibat mengandalkan kasat mata maka semuanya mengira-ngira dan menambah-nambah maka terjadilah angka yang jauh berbeda daripada kenyataan," ungkap JK.

Dia mencontohkan masalah data produksi beras yang menurutnya kerap keliru sehingga akibatnya harus impor dari negara tetangga di ASEAN guna memenuhi kebutuhan beras nasional.

"Maka (data kasat mata) perlu diuji dan dikroscek dengan teknologi. Oleh karena itu, diminta keakuratan dari data satelit itu. Analisanga juga harus hebat. Supaya itu diketahui dengan benar agar tidam nanti kita bertengkar. Nanti orang naik harga baru kita impor karena tiba-tiba kita baru sadar ternyata kurang," ujarnya.

Akhir tahun lalu, JK memang sempat mengatakan bahwa data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai perhitungan cadangan beras nasional dan jumlah orang miskin, tidak dapat dipercaya secara utuh.

Terbukti, akhir tahun 2015, pemerintah terpaksa membuka keran impor beras dari Vietnam dan Thailand guna menjaga cadangan beras nasional. Apalagi, pasca musim kemarau panjang akibat el nino (fenomena cuaca).


Sumber : http://www.beritasatu.com/ekonomi/371262-jk-satelit-bisa-bantu-atasi-krisis-pangan.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL