Kompetensi Utama

Layanan


Satelit Lapan A3/IPB Pro Petani dan Nelayan Sukses Mengorbit
Penulis : Jun • Media : jawapos.com • 23 Jun 2016 • Dibaca : 23880 x ,

JawaPos.com – Teknologi antariksa Indonesia bergeliat. Setelah sukses meluncurkan satelit milik Bank BRI, giliran satelit buatan peneliti dan perekaya Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) meluncur ke orbit dengan mulus pukul 10.55 pada Rabu (22/6).

Satelit yang diberinama Lapan A3/IPB itu punya misi khusus untuk pemantauan wilayah maritim dan lahan pertanian.

Wakil Presiden Jusuf Kalla secara langsung melihat peluncuran satelit itu di kantor Pusat Teknologi Penerbangan Lapan di Rumpin, Bogor. Sebelum melihat peluncuran dari video streaming itu JK juga meresmikan program pengembangan sistem pemantauan maritim berbasis ilmu penerbangan dan antriksa.

JK menuturkan keberadaan satelit itu akan sangat membantu untuk penyediaan data yang lebih akurat di dunia maritim dan lahan. Di dunia kelautan misalnya akan bisa dipakai untuk penyediaan data lahan potensi penangkapan ikan.

Selama ini, seringkali ada keributan nelayan asing mengambil ikan dari wilayah perairan Indonesia. ”Kita selalu merasa ikan dicuri tapi kita tidak tahu dimana sebenarnya yang dicuri dengan betul. Itu fokus kita,” ujar JK.

Di bidang pertanian, data dari satelit itu akan melengkapi data dari pantauan atau survei di lapangan. Selama ini, data yang dikumpulkan hanya dari survei saja.

Dalam beberapa kasus, data survei itu malah tidak menggambarkan yang sebenarnya. “Misalnya produksi beras sampai 75 juta ton. Kalau segitu sudah pasti kita bisa foya foya,” tambah dia.

Dia pun berharap agar pemanfaatan satelit yang dikerjasamakan dengan IPB itu bisa akurat untuk memantau kawasan wilayah pertanian. Mana daerah yang masih perpotensi untuk bisa dijadikan lahan.

Termasuk pula, waktu awal tanam padi hingga musim panen. ”Tapi jangan sampai rumput dianggap padi,” seloroh JK.

Sumber :
http://www.jawapos.com/read/2016/06/23/35909/satelit-lapan-a3ipb-pro-petani-dan-nelayan-sukses-mengorbit








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL