Kompetensi Utama

Layanan


SATELIT LAPAN-A3/LAPAN-IPB Siap Meluncur, LAPAN Pantau Maritim Dan Alam Indones
22 Jun 2016 • Dibaca : 23557 x ,

LAPAN semakin meningkatkan produktivitas hasil litbang dengan meluncurkan Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB. Satelit ini diagendakan diluncurkan dari Sriharikota, India pada tanggal 22 Juni 2016. Sistem yang terbangun di dalamnya, akan membantu pemantauan terhadap kondisi alam Indonesia yang mempunyai tingkat biodiversitas tinggi, yaitu memiliki keanekaragaman Sumber Daya Alam (SDA) hayati. 

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla diagendakan akan menyaksikan bersama peluncuran Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB dari Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Jalan Raya LAPAN Rumpin, Bogor, Jawa Barat pada Pukul 10.00 WIB.

Satelit LAPAN generasi ketiga ini memiliki berat 115 kilogram. Satelit membawa misi penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumberdaya pangan. Dengan kemampuannya, satelit ini dibangun agar mampu mengidentifikasi tutupan dan penggunaan lahan serta pemantauan lingkungan. Muatan penginderaan jauh satelit ini berupa 4 bands multispectral imager beresolusi 18 meter dengan lebar swath 100 kilometer. 

Satelit yang dibangun atas dasar kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini akan dimanfaatkan untuk memantau tanaman pangan. Hasil pemantauannya juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah di bidang maritim. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Indonesia dalam membangun perekonomian berkelanjutan, salah satunya bidang maritim. Satelit juga mengemban misi pemantauan kapal laut dengan memanfaatkan sensor Automatic Identification System (AIS).

Tak hanya satelit, LAPAN berkontribusi dengan mengembangkan produk-produk litbang yang dapat dimanfaatkan untuk pengelolaan SDA dan lingkungan. Menuju tercapainya program tersebut, LAPAN akan mendeklarasikan Pengembangan Sistem Pemantauan Maritim Berbasis Iptek Penerbangan dan Antariksa, yang berfungsi untuk pemantauan SDA dan Lingkungan. Ke-4 produk unggulan tersebut adalah Sistem Embaran Maritim (SEMAR), AIS, Sistem Pemantauan Bumi Nasional, dan Maritime Surveillance System (MSS).

Di sektor maritim, zona potensi penangkapan ikan disampaikan secara rutin setiap harinya, untuk mendukung peningkatan produktivitas penangkapan ikan. LAPAN juga akan memberikan informasi data satelit untuk pemantauan pergerakan kapal yang ditampilkan dalam gambaran cluster. Informasi pertumbuhan padi juga diberikan kepada Kementerian Pertanian untuk membantu manajemen distribusi pupuk dan prakiraan panen secara nasional.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL