Kompetensi Utama

Layanan


Satelit LAPAN-IPB Berhasil Diluncurkan
Penulis : Rendy Hendika • Media : Tempo.co.id • 27 Jun 2016 • Dibaca : 21522 x ,

KOMUNIKA, Jakarta - Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB akhirnya berhasil diluncurkan dari dari Bandar Antariksa Sriharikota, India pada 22 Juni 2016 setelah sempat mengalami penundaan selama 12 hari. Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB tersebut dilncurkan menggunakan roket peluncur PSLV milik ISRO-India bersama-sama dengan 21 satelit lain yang berasal dari berbagai negara.

Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB merupakan sebuah satelit yang dikembangkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa NAsional (LAPAN) dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Satelit tersebut dikembangkan rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perancangan dan pembangunan satelit oleh bangsa Indonesia agar mampu menguasai teknologi keantariksaan, baik untuk tujuan eksperimental maupun operasional.

Dalam kerja sama yang dilakukan, LAPAN bertanggung jawab atas desain, perancangan, produksi, pengujian, peluncuran, sampai penerimaan data satelit. Sedangkan IPB bertanggung jawab dalam pengembangan algoritma, pemanfaatan, dan aplikasi data satelit.

Satelit berbobot 115 kilogram tersebut memiliki fungsi utama melakukan pemantauan lahan pertanian pangan Indonesia melalui pencitra pushbroom 4 kanal multispektral (Red, Green, Blue dan Near-infrared) dengan resolusi 18 meter dengan lebar cakupan 108 km dan kamera visibel dengan resolusi tinggi (3.5 meter).

Selain itu, satelit yang mengorbit bumi melintasi kutub utara dan selatan tersebut dilengkapi teknologi Automatic Identification System (AIS) yang berfungsi memantau lalu lintas laut global. Adapun misi ilmiah satelit ialah mengukur medan magnet bumi. Program pengembangan satelit ini membuktikan kemampuan sumberdaya manusia Indonesia dalam merancang bangun satelit berukuran mikro (microsatellite) dengan berat 100 kg.

Pengembangan Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB merupakan upaya mewujudkan pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian. Teknologi yang ada di dalamnya mendukung akurasi data dalam perencanaan masa tanam lahan persawahan yang akan berimplikasi langsung pada peningkatan ketahanan pangan. Hal itu tentunya akan membantu pemerintah dalam menentukan berbagai kebijakan terkait pangan, misalnya terkait impor beras.

Sumber :
https://m.tempo.co/read/news/2016/06/27/273783408/satelit-lapan-ipb-berhasil-diluncurkan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL