Kompetensi Utama

Layanan


Pantau Ladang Ganja, BNN Manfaatkan Satelit LAPAN
Penulis : Komaruddin Bagja A • Media : metro.sindonews.com • 29 Jun 2016 • Dibaca : 23358 x ,

JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan kerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk menangani masalah pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

Kerja sama ini dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahapaman (MoU) antara kepala LAPAN Thomas Djamaluddin dengan Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso (Buwas)

Buwas mengatakan, wujud nyata dalam kerja sama tersebut salah satunya yakni melakukan pemantauan wilayah yang dijadikan ladang ganja. Selain itu juga dapat melakukan pemantauan terhadap pergerakan peredaran gelap narkotika.

"Jadi kami bisa melakukan pemanfaatan bersama peralatan LAPAN seperti halnya satelit untuk melakukan pemantauan wilayah yang sulit dijangkau," kata Buwas di Gedung BNN Cawang Jakarta Timur, Selasa 28 Juni 2016.

Buwas menambahkan, dengan nota kesepahaman ini, BNN bisa menghemat pengeluaran lantaran sebelumnya BNN melakukan upaya P4GN melalui cara manual kini bisa diperoleh melalui alat yang dimiliki LAPAN.

"Jadi jika biasanya kami mendapat informasi masyarakat, kemudian kami telusuri lewat jalur darat atau membutuhkan pesawat, sekarang sudah bisa ditangani dengan peralatan canggih milik LAPAN," ujarnya.

Sementara itu, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan, siap membantu langkah BNN melakukan upaya P4GN. Pihaknya mengandalkan dua jenis peralatan canggihnya yaitu satelit yang dimiliki LAPAN dan juga Pesawat Tanpa Awak.

"LAPAN menggunakan satelit untuk memantau lahan yang diindikasi sebagai lahan ganja, selain itu LAPAN juga punya pesawat tanpa awak atau drone. Yang salah satunya bisa terbang hingga 300 kilometer," tambah Thomas.

Thomas menjelaskan, pihaknya akan memanfaatkan kerja sama dengan BNN untuk memastikan para karyawannya terbebas dari narkoba. Dia berharap, kerja sama kedua lembaga ini dapat terus berlanjut demi kemajuan bangsa.

"LAPAN juga siap mendukung. LAPAN juga tak ingin pegawai tersangkut kasus narkoba. Jadi kami kerja sama dengan BNN untuk melakukan tes bebas narkoba kepada para pegawai kami," tutur Thomas.

Sumber :
http://metro.sindonews.com/read/1120488/170/pantau-ladang-ganja-bnn-manfaatkan-satelit-lapan-1467141419








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL