Kompetensi Utama

Layanan


Cegah Peredaran Narkoba, BNN Kerjasama dengan Lapan
Penulis : Junianto Hamonangan • Media : wartakota.tribunews.com • 28 Jun 2016 • Dibaca : 6642 x ,

WARTA KOTA, KRAMATJATI -- Sebagai lembaga yang diberi kewenangan untuk menangani masalah pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN), Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Tujuan dari nota kesepahaman ini adalah menjalin kerjasama dan sinergitas kedua instansi dalam rangka P4GN.

Hal ini juga untuk mendukung proses penyelidikan dan penyidikan tindak pidana Narkotika dan prekursor Narkotika yang saat ini lebih banyak menggunakan teknologi telekomunikasi.

Dalam melaksanakan tugas, khususnya pada bidang pemberantasan, BNN membutuhkan dukungan teknologi IT intelegent dimana salah satunya yakni teknologi dalam hal pemetaan.

Oleh sebab itu, kerjasama ini memiliki arti penting dalam hal pelaksanaan tugas dan fungsi BNN, khususnya dalam hal pemberantasan.

"Kerjasama ini salah satunya untuk memantau lahan ganja yang ada di Aceh, Sumatera sebagian sehingga dengan teknologi dari Lapan bisa ambil langkah pencegahan sebelum lahan itu jadi lahan produksi untuk ganja," kata Kepala BNN Komjen Budi Waseso, Selasa (28/6).

Buwas menambahkan dengan bantuan Lapan, pihaknya juga bisa mengetahui populasi lahan yang berpotensial untuk dijadikan lahan ganja.

"Ini kan data dan kita bisa ketahui populasi perkembangan lahan untuk tanam ganja. Sehingga dari awal kita bisa sosialisasikan pencegahan lahan yang baru dibuka untuk tanam ganja," ucapnya.

Sementara itu Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, mengatakan penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan bentuk kesungguhan tekad dan komitmen nyata dari LAPAN dalam mendukung upaya penanganan permasalah Narkoba di Indonesia.

"Lapan pelajari karakteristik lahan ganja dan bukan hanya identifikasi lahan yang dicurigai lahan ganja tapi juga cari lahan yang punya karakteristik sama. Nantinya terhadap lahan yang teridentifikasi lahan ganja BNN yang menangani," ujarnya

Sumber :
http://wartakota.tribunnews.com/2016/06/28/cegah-peredaran-narkoba-bnn-kerjasama-dengan-lapan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL