Kompetensi Utama

Layanan


Data Lapan Akan Real Time Cari Ladang Ganja
Penulis : Syamsul Anwar K • Media : Okezone.com • 29 Jun 2016 • Dibaca : 23169 x ,



JAKARTA – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) memastikan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) bakal menyajikan data satelit secara real time. Data tersebut berisi peta pertanian guna mendeteksi adanya ladang ganja di tempat terpencil di penjuru tanah air.

"Data itu real time, terus berkembang," ujar Budi Waseso itu di kantornya, Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (28/6/2016).

Buwas mengaku, jajarannya sedikit lamban dalam menindak ladang ganja, lantaran daun haram itu di tanam di wilayah yang terpencil. Selain itu, biaya yang diperlukan untuk memastikan adanya ladang ganja di sebuah wilayah juga sangat tinggi.

"Baru kita lakukan ini (MoU) karena potensi Lapan. Kita aktif mulai hari ini. Selama ini kita agak lambat, selama ini lebih mahal," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Lapan Prof Thomas Djamaluddin menegaskan bahwa pihaknya juga telah mempelajari karakteristik perkebunan ganja. Alhasil, ia mengingatkan masyarakat untuk tidak menanam ganja lantaran tidak ada tempat yang tersembunyi dari pengamatan satelit.

"Lapan mempelajari karakteristik lahan ganja. Mencoba mencari daerah di sekitarnya. Terhadap lahan yang sudah teridentifikasi sekaligus membuktikan ke masyarakat bahwa tidak ada lagi yang tersembunyi, seluruhnya terpantau dari satelit," tandasnya.

Sumber :
http://news.okezone.com/read/2016/06/28/337/1427208/data-lapan-akan-real-time-cari-ladang-ganja








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL