Kompetensi Utama

Layanan


BNN-Lapan Pakai Satelit Pantau Ladang Ganja
Penulis : Wahyu Aji • Media : Tribunews.com • 29 Jun 2016 • Dibaca : 17939 x ,

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk mendukung proses penyelidikan dan penyidikan tindak pidana narkotika.

Salah satu tujuannya adalah untuk mendeteksi sebaran ladang ganja melalui citra satelit.

"Kami akan pemantauan untuk ke dalam negeri lahan-lahan ganja di Aceh, Sumatera dan lain-lain," kata Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso dalam keterangan yang diterima, Rabu (29/6/2016).

Kepala BNN Budi Waseso menandatangani kerja sama ini dengan Kepala Lapan, Prof Thomas Djamaluddin.

Budi Waseso menjelaskan, penggunaan teknologi satelit, diharapkan bisa menjadi sarana pencegahan dini bagi para petani ganja.

Menurutnya, teknologi yang dimiliki Lapan juga bisa mendeteksi sejumlah populasi pembukaan ladang ganja baru yang memungkinkan untuk ditanami.

"Sehingga dengan teknologi Lapan bisa dipakai pencegahan. Kita bisa lakukan pencegahan awal, ini data kedua populasi pembukaan lahan yang memungkinkan untuk menanam ganja," katanya.

Kerja sama dengan Lapan, kata Buwas bisa menghemat anggaran BNN. Terlebih pihaknya tak perlu merogoh kocek untuk membeli sebuah pesawat yang digunakan untuk memantau sebaran ladang ganja yang ada di Indonesia.

"Data itu real time, terus berkembang. Sekarang begini, kita manfaatkan kekuatan yang ada. Kita lebih hemat. Alat pesawat terbang mahal. Kegiatan Lapan yang rutin kita manfaatkan," katanya.

Sumber :
http://www.tribunnews.com/nasional/2016/06/29/bnn-lapan-pakai-satelit-pantau-ladang-ganja








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL