Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Masih Lakukan Pengaturan Sistem Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB
Penulis : Moch Prima Fauzi • Media : Okezone.com • 30 Jun 2016 • Dibaca : 18680 x ,



JAKARTA - Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB telah resmi diluncurkan pada 22 Juni yang lalu dari pusat Antariksa Satish Dhawan Space Center (SHAR). Satelit tersebut berhasil mengudara di ketinggian 505 km dari permukaan bumi dan telah mencapai orbitnya.

Menurut Thomas Djamaludin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) saat ini pihaknya belum bisa menyampaikan hasil dari peluncuran satelit tersebut karena masih dalam tahap pengendalian dan pengaturan.

"Untuk saat ini, masih dalam proses tahap setting instrumen dan setting sistem. Laporan terakhir uji kamera sudah berfungsi dengan baik. Normalnya, hasil akan didapatkan sebulan setelah peluncurannya, namun kita harapkan sebelum satu bulan hasilnya sudah ada," kata Thomas.

Peluncuran dari satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB ditujukan untuk memantau permukaan bumi, lahan pertanian, kapal laut, hasil kerekayasaan LAPAN seperti pengendali satelit, dan pengukuran medan magnet bumi.

Pengolahan hasilnya sendiri, akan bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor untuk mengetahui informasi terkait parameter pertanian seperti pertumbuhan padi, jenis-jenis tanaman, dan lain-lain.

"Nanti jika hasilnya telah didapat, pengolahannya bekerja sama dengan IPB supaya dapat memberikan informasi terkait parameter pertanian seperti pertumbuhan, jenis-jenis padi, dan jenis tumbuhan lainnya," ujar pria kelahiran Purwokerto tersebut kepada Okezone, Kamis (30/6/2016).


Sumber :
http://techno.okezone.com/read/2016/06/30/56/1429554/lapan-masih-lakukan-pengaturan-sistem-satelit-lapan-a3-lapan-ipb








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL