Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Gunakan Kamera Multispektral Rekam Pencitraan Bumi
Penulis : Moch Prima Fauzi • Media : Okezone.com • 30 Jun 2016 • Dibaca : 21138 x ,



JAKARTA - Untuk memantau lahan pertanian, perkebunan, dan memantau kapal-kapal laut, LAPAN merilis satelit terbaru yakni LAPAN-A3/LAPAN-IPB, di India, yang bekerja sama dengan stasiun peluncuran setempat yakni Satis Dhawan Space Center.

Peluncuran tersebut akan melengkapi satelit sebelumnya LAPAN-A2 yang beroperasi di wilayah ekuatorial. Selain itu, teknologinya sendiri merupakan penyempurnaan dari seri satelit sebelum-sebelumnya yakni LAPAN-A1 termasuk dari segi kamera pencitraan.

"Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB merupakan penyempurnaan dari satelit sebelumnya dengan kualitas gambar yang lebih baik, dan lebih jelas. Kameranya menggunakan kamera Multispektral yang memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda," kata Thomas Djamaludin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), kepada Okezone, Kamis (30/6/2016).

Dengan panjang gelombang berbeda, dikatakan Thomas, akan memiliki pencitraan yang dapat membedakan lahan-lahan di bumi seperti lahan persawahan, lahan rerumputan dan perkebunan sawit serta komoditas lainnya.

Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB mengorbit di ketinggian 505 km dari permukaan Bumi ke orbit polar sebanyak 4 kali yakni dua kali di siang hari, dan dua kali di malam hari. Saat ini, LAPAN masih melakukan pengaturan satelit untuk pengarahan posisi dan kamera ke Bumi.

Sumber :
http://techno.okezone.com/read/2016/06/30/56/1429739/lapan-gunakan-kamera-multispektral-rekam-pencitraan-bumi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL