Kompetensi Utama

Layanan


Teknologi Penerbangan dan Antariksa Jadi Produk Unggulan Pameran Hakteknas ke-21
Penulis Berita : Humas/Sur-Zk • Fotografer : Humas/Sur • 15 Jul 2016 • Dibaca : 26285 x ,

Para Narasumber Kemenristekdikti sedang memaparkan gambaran rencana kegiatan peringatan Hakteknas ke-21

Untuk mempersiapkan kegiatan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan coffee morning di Kantor Kemenristekdikti, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, Jumat (15/07).

Jajaran pejabat Kemenristekdikti yang hadir dalam pertemuan tersebut, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, Jumain Appe, selaku Ketua Umum Hakteknas 2016, Direktur Sistem Inovasi, Ophirtus Sumule, Penanggung jawab Acara Puncak Hakteknas 2016, Gunawan Wibisono, Tim Juri Penulisan Foto dan Apresiasi Media, Listiyani Wijayanti, serta Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik, Nada Darmiyanti.

Jumain Appe menunjuk beberapa produk litbang LAPAN yang dapat diusung sebagai produk unggulan dalam pameran, antara lain Satelit LAPAN-A3/LAPAN IPB dan Pesawat N219. Dua contoh produk hasil karya teknologi para peneliti LAPAN ini dapat menjadi sumber inspirasi dalam peningkatan perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.

Satelit LAPAN A3/LAPAN IPB yang baru saja meluncur, membawa misi pemantauan lahan pertanian untuk peningkatan produktivitas pangan nasional. Menyempurnakan misi satelit sebelumnya yang melintas sebanyak 14 kali, satelit ini melintasi Indonesia sebanyak 4 kali dalam sehari. Manfaat dari data yang diperoleh satelit ini, memberikan data musim tanam, pemupukan, musim panen, dan prediksi hasil tanam. Selain itu, Satelit tersebut membawa misi pemantauan lalu lintas laut global serta pemantauan medan magnet bumi untuk keperluan penelitian lingkungan.

Hasil karya teknologi penerbangan LAPAN lainnya adalah pesawat transport N219. Saat ini, pesawat sedang dalam proses penyelesaian rancang bangun. Rencananya, 10 Agustus mendatang, akan berlangsung pengujian sayap pesawat di Kantor PT. Dirgantara Indonesia dan Pengujian Gear di Kantor Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, yang dapat disaksikan secara live streaming. Sebagaimana penjelasan Kepala Bagian Humas LAPAN, Jasyanto, bahwa tahapan tersebut merupakan bagian dari tahapan akhir proses pengembangan pesawat itu sendiri sampai diperolehnya sertifikasi.

Peringatan Hakteknas ke-21 mengusung tema “Inovasi untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa”. Dalam kegiatan tersebut, akan ditampilkan pameran berbagai produk hasil litbang dan inovasi terbaru dari kementerian/Lembaga, perguruan tinggi, pemerintah daerah, serta BUMN dan Swasta. Pameran akan dibagi dalam dua zona yaitu zona khusus dan zona umum. Pameran tersebut akan berlangsung pada tanggal 10-13 Agustus 2016.

Diharapkan dalam pameran tersebut akan terjadi interaksi antara akademisi, pebisnis, pemerintah, dan komunitas. Pertemuan  ini sekaligus sosialisasi untuk harapan suksesnya penyelenggaraan kegiatan. Diharapkan juga, pameran tersebut dapat menumbuhkembangkan inovasi dan budaya iptek di tengah masyarakat Indonesia.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL