Kompetensi Utama

Layanan


Lubang Menganga di Matahari Ditemukan, Apakah Tanda Kiamat?
Penulis : Aditya Gema Pratomo • Media : okezone.com • 19 Jul 2016 • Dibaca : 23709 x ,

JAKARTA - Pada Senin 18 Juli, Obsevatori Pergerakan Matahari (SDO) NASA menemukan sebuah lubang menganga di permukaan matahari. Dalam astronomi, fenomena ini dinamakan 'Coronal Hole' atau Lubang Korona.

Secara garis besar, lubang korona adalah area di mana korona matahari bersifat lebih gelap, lebih dingin, dan lebih rendah kepadatan plasmanya. Area tersebut memilik level gas dan energi yang rendah.

Lubang Korona disebabkan oleh medan magnet matahari yang menyebar jauh ke luar angkasa dan memungkinkan material panas mempercepatnya untuk keluar. Akibatnya, daerah ini memiliki plasma panas yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang terpanas yang tampak bercahaya, daerah tersebut tampak lebih gelap.

Melihat fenomena ini, beberapa pihak mengaitkan hal ini dengan tanda-tanda akhir dunia. Diberitakan sebelumnya, sebuah grup bernama End Times Prophecies mengatakan bahwa kiamat akan datang pada 29 Juli mendatang.

Apakah fenomena ini berbahaya? NASA sendiri mengatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari lubang korona ini. Menurut mereka, lubang korona dapat berlangsung selama beberapa minggu bahkan berbulan-bulan. Ukurannya pun bisa melebar atau mengecil.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sendiri menjelaskan bahwa fenomena lubang korona merupakan aktivitas rutin dari matahari "Tidak berbahaya. Lubang Korona adalah kegiatan rutin matahari," Emmanuel Sungging Mumpuni, peneliti LAPAN, Selasa (19/7/2016).

Hanya saja, Lubang Korona dapat menimbulkan permasalahan radio di Bumi. Angin Solar yang dilepaskan dari korona dapat menimbulkan badai matahari. Hal ini dapat mengganggu satelit dan sistem komunikasi radio. Selain itu, fenomena tersebut juga dapat menimbulkan aurora.



Sumber : http://techno.okezone.com/read/2016/07/19/56/1441410/lubang-menganga-di-matahari-ditemukan-apakah-tanda-kiamat








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL