Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Gandeng Pengguna Untuk Mandiri Dalam Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh
25 Jul 2016 • Dibaca : 21691 x ,

Dilihat dari letak geografis, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan daratan yang subur, sehingga Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Namun sebagai gugus kepulauan, wilayah Indonesia berpotensi tinggi terjadi bencana alam, seperti gunung meletus, gempa bumi, banjir, kebakaran hutan, tanah longsor, dan sebagainya. Hal ini tidak saja karena kejadian alamiah saja, namun juga pengaruh lingkungan.

Masalah kebencanaan menjadi perhatian pemerintah dengan membentuk tim penanggulangan dan pencegahan bencana alam. Secara nasional, LAPAN menggandeng kementerian/lembaga, perguruan tinggi, TNI, Polri, serta pemerintah daerah untuk mengoptimalkan pemanfaatan dan pengelolaan data satelit penginderaan jauh, yang berkontribusi penting dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), perlindungan lingkungan, dan mitigasi bencana. 

Sejauh ini, LAPAN telah mampu mengelola dan mendistribusikan data satelit penginderaan jauh mulai resolusi spasial rendah, menengah, sampai dengan tinggi, tergantung kebutuhan. Namun, data tersebut masih perlu dikembangkan lagi, sebab kondisi wilayah Indonesia dengan liputan awan yang tinggi membutuhkan penggunaan data radar dan pengoperasian wahana pesawat terbang. Hal tersebut menjadi tantangan para pelaku riset penginderaan jauh untuk terus mengikuti tren guna menjawab tuntutan permasalahan secara mandiri. 

Mandiri dalam penguasaan iptek bidang penginderaan jauh menjadi modal dasar pemerintah Indonesia dalam mengelola SDA dan mengantisipasi resiko yang terjadi di baliknya. Apalagi, dengan wilayah yang sangat luas mensyaratkan pengelolaan data dengan volume besar, serta penyajian yang cepat dan akurat. 

Kegiatan ini melibatkan para peneliti, perekayasa, akademisi, dan praktisi di Indonesia untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas data dan informasi penginderaan jauh dalam upaya mendukung pengelolaan SDA, lingkungan, dan kebencanaan di Indonesia. 

Dengan adanya pertukaran ilmu pengetahuan, informasi, dan pengalaman dari masing-masing pihak, sinergitas yang terbangun dapat dijadikan rekomendasi bagi pemangku kebijakan dan praktisi bidang penginderaan jauh terhadap perkembangan terkini yang dapat dimanfaatkan sebagai solusi bersama untuk mendukung pembangunan nasional.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL