Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Kampanyekan 'Malam Langit Gelap' guna Kurangi Polusi Cahaya
Penulis : Aditya Gema Pratomo • Media : Okezone.com • 02 Aug 2016 • Dibaca : 4508 x ,



JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mulai mengampanyekan kegiatan 'Malam Langit Gelap’. Rencananya, kegiatan ini akan diselenggarakan pada 6 Agustus pada pukul 20.00-21.00 WIB.

Pada malam tersebut, LAPAN berharap agar masyarakat dapat mematikan semua lampu di luar ruangan selama satu jam. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi polusi cahaya.

"Kalau kita berhasil meminimalisasi polusi cahaya selama satu jam, kita bisa melihat Galaksi Bima Saksi dengan ratusan miliar bintang membentang dari utara ke selatan," kata Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN.

Pada momen tersebut, masyarakat berkesempatan untuk melihat beberapa rasi bintang yang jarang terlihat di malam-malam biasa.

"Kita bisa melihat rasi Angsa (Cygnus) di langit utara dengan segitiga musim panas (Summer Triangle), tiga bintang terang di sekitar rasi Angsa, yakni Vega, Deneb, dan Altair. Di langit selatan kita melihat rasi layang-layang atau salib selatan (Crux) yang sering digunakan sebagai penunjuk arah selatan. Hampir di atas kepala, kita dapat saksikan rasi kalajengking (Scorpio) dengan bintang terang Antares," lanjutnya.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh Hari Keantariksaan yang jatuh pada 6 Agustus. Selain itu, pemilihan tanggal tersebut bertepatan dengan momen musim kemarau yang jatuh pada Agustus.

"Musim kemarau pada Agustus menambah peluang besar mengamati langit yang cerah bertabur bintang jika gangguan polusi cahaya diminimalkan," pungkasnya.

Sumber :
http://techno.okezone.com/read/2016/08/01/56/1452376/lapan-kampanyekan-malam-langit-gelap-guna-kurangi-polusi-cahaya








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL