Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN – RISH Universitas Kyoto Rencanakan Kembangkan Radar Atmosfer Lebih Besar
Penulis Berita : Humas/Zk • Fotografer : Humas/And • 04 Aug 2016 • Dibaca : 8696 x ,

Suasana Seremonial Peringatan HUT ke-15 Equatorial Atmosphere Radar di Hotel Sari Pan Pasific Jakarta

LAPAN bekerja sama dengan Research Institute for Sustainable Humanosphere (RISH) Universitas Kyoto, Jepang, menyelenggarakan Simposium Internasional dengan tema "The 15th Anniversary of the Equatorial Atmosphere Radar (EAR)". Acara berlangsung di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta pada Kamis (04/08). Kegiatan ini merupakan peringatan 15 tahun beroperasinya EAR yang berlokasi di Bukit Kototabang, Sumatera Barat.

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, dalam sambutannya menjelaskan, tepat pada bulan yang sama, diperingati pula Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (10 Agustus) dan Hari Keantariksaan (6 Agustus). Menurutnya, EAR sangat bermanfaat untuk penelitian dinamika atmosfer di wilayah ekuatorial sebagai penggerak perubahan iklim global yang dapat menimbulkan berbagai anomali perubahan cuaca ekstrim dan musim. 

Kerja sama ini melibatkan sinergitas beberapa institusi, antara lain BPPT, BMKG, ITB, dan seluruh universitas di Indonesia. Kegiatan Penelitian dimulai dari pembangunan MF Radar di Pontianak dan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), hasil kerja sama dengan BPPT. EAR ini merupakan radar paling besar di wilayah ekuator dengan diameter 110 meter dan memiliki antena Yagi sebanyak 560 buah, yang berfungsi untuk mendeteksi dinamika atmosfer sampai pada ketinggian 100 kilometer pada lapisan ionosfer. 

Kerja sama ini berkontribusi untuk kebutuhan masyarakat ilmiah dunia. Para periset dunia, dapat meningkatkan kualitas penelitiannya untuk memahami atmosfer di wilayah ekuator, khususnya Indonesia. Untuk mewujudkan visi LAPAN, salah satunya yaitu rencana dibangunnya pusat unggulan dinamika atmosfer ekuator dan fasilitas radar atmosfer. 

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Halimurrahman menjelaskan, fasilitas EAR dapat memberikan data atmosfer vertikal dengan resolusi tinggi, setiap lima menit pada ketinggian 20 sampai 100 kilometer. Data resolusi tinggi ini sangat bermanfaat untuk mengetahui dinamika atmosfer ekuatorial yang masih belum dipahami dengan utuh di daerah ekuator. Dengan demikian, para periset mampu membuat simulasinya dan mengembangkan model ekuatorial atmosfer. 

“Hasil penelitian EAR sangat membantu dan memberi manfaat besar dalam meningkatkan pemahaman tentang perubahan iklim, musim, serta mengetahui fenomena Elnino dan Elnina, terutama dampaknya di Jepang,” ungkap peneliti senior RISH Universitas Kyoto, Momoru Yamamoto.

Memperoleh model atmosfer di wilayah maritim, menjadi tantangan bersama untuk memberikan prediksi di masa mendatang melalui stakeholder yang menggunakan. Dalam hal ini, hasil produk litbang tersebut dimanfaatkan LAPAN untuk mendukung pengembangan Decision Support Systems (DSS), dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing pengguna.

Radar Atmosfer akan dikembangkan lagi menjadi the Equatorial Middle and Upper atmosphere radar (EMU) untuk atmosfer tengah dan atas. Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala LAPAN mengimbuhkan, “Sekarang, proposal kegiatan tersebut sedang diproses pemerintah Jepang. Misinya akan membangun radar yang lebih besar dengan kemampuan lebih baik lagi.” EMU Radar ini mampu menjangkau ketinggian 200 kilometer dengan diameter antena 160 meter. Di dalam penerimaan sinyal, produknya lebih sensitif 10 kali dari EAR. 

Simposium ini memperoleh apresiasi yang luas dari berbagai pihak, antara lain Kemenristekdikti, Kedutaan Jepang, Badan Antariksa Taiwan dan India, dan Pemerintah Kabupaten Agam. Kegiatan kali ini dihadiri sekurangnya 200 undangan, yang membahas berbagai makalah terkait penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan data EAR. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL