Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Berencana Bangun Bandara Antariksa
Penulis : kt4 • Media : katariau.com • 06 Aug 2016 • Dibaca : 23641 x ,

JAKARTA-Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bersiap untuk membuat terobosan baru di bidang keantariksaan. Mereka bersiap untuk membangun observatorium nasional dan tempat peluncuran roket.

Rencana tersebut diungkapkan oleh Thomas Djamaluddin di sela-sela acara pencanangan "Malam Langit Gelap" di kantor Lapan, Jakarta. Menurutnya, kedua rencana tersebut sudah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan.

Mengenai Obesvatorium Nasional sendiri, Thomas mengatakan bahwa proyek ini sudah masuk tahap perizinan. Rencananya proyek ini akan berlokasi di Taman Nasional Gunung Timau, Kupang.

"Tempat ini akan menjadi pusat penelitian antariksa Indonesia. Kami juga ingin memberdayakan masyarakat sekitar dengan proyek ini. Rencananya Obsevatorium Nasional akan rampung di 2019," kata Thomas,seperti dilansir antara.

Sedangkan untuk bandara antariksa atau tempat peluncuran roket, Thomas menjelaskan, proyek ini masih berada di tahap uji kelayakan. Sejauh ini, lokasi bandara antariksa masih belum diputuskan.

"Lokasinya, antara Biak atau Morotai. Kami juga akan mengajak negara lain sebagai mitra," lanjutnya.

Jika bandara ini sudah terealisasi, maka biaya peluncuran roket dapat jauh lebih ditekan. Pasalnya, selama ini LAPAN menumpang roket milik India untuk meluncurkan satelit.(kt4) 

Sumber: http://www.katariau.com/read-13-9981943-2016-08-06-lapan-berencana-bangun-bandara-antariksa.html#sthash.QmtBktEN.dpuf








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL