Kompetensi Utama

Layanan


Kepala LAPAN Kampanyekan Malam Langit Gelap dan Luncurkan Buku Elektronik Peristiwa GMT 2016
Penulis Berita : Humas/RZ • Fotografer : Humas/RZ • 05 Aug 2016 • Dibaca : 36470 x ,

Kepala LAPAN sedang memaparkan Pencanangan "Malam Langit Gelap"

Jumat (05/08), LAPAN mengundang masyarakat umum dan awak media dalam pencanangan “Malam Langit Gelap” yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Dirgantara, Kantor LAPAN Pusat, Jakarta. Dalam kegiatan ini, Kepala LAPAN berkesempatan meluncurkan Buku Elektonik berjudul “The Eclipse: Gerhana Matahari Total Catatan Persitiwa 9 maret 2016”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para perwakilan beberapa instansi terkait, komunitas dan lembaga astronomi di Indonesia, perguruan tinggi, serta sejumlah awak media.

Dalam sambutannya, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin mengajak masyarakat luas untuk terlibat dalam kampanye “Malam Langit Gelap” yang akan berlangsung setiap 06 Agustus Pukul 20.00 – 21.00 waktu setempat di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut untuk mendorong kesadaran dalam upaya menyelamatkan keindahan langit malam dari polusi cahaya. Sehingga, orang dapat menikmati indahnya malam bertabur bintang.

Menurutnya, aksi tersebut didorong atas berbagai alasan berdasar hasil penelitian di awal tahun 2016. “Hampir 80 % penduduk bumi sudah terpapar polusi cahaya dan sepertiga dari penduduk bumi tersebut sudah tidak bisa lagi menikmati keindahan galaksi bima sakti. Hal ini juga terjadi di beberapa kota besar di Indonesia,” ujarnya. 

Diharapkan, pada waktu tersebut, akan terlihat kenampakan galaksi bima sakti bertabur milyaran bintang yang membentang dari utara ke selaran, rasi Kalajengking (Scorpio). Bertepatan dengan hal itu, pada Sabtu malam, 6 Agustus 2016, saat terjadinya malam tanpa bulan, maka dapat disaksikan Planet Mars dan Planet Saturnus bersanding dengan bintang raksasa merah Antares tepat di atas kepala.

Tanggal 06 Agustus juga diperingati sebagai tanggal lahirnya UU No. 21 tahun 2013 Tentang Keantariksaan. Di dalamnya dipayungi sejumlah kegiatan bidang penerbangan dan antariksa. Kegiatan tersebut yaitu sains antariksa, penginderaan jauh, penguasan teknologi (teknologi roket, teknologi satelit dan teknologi aeronautika), serta peluncuran roket pengorbit satelit sendiri dan komersialisasi keantariksaan. 

Maka, pencanangan tanggal tersebut bertujuan untuk membangun kesadaran publik tentang pentingnya masyarakat memahami kemampuan Indonesia di bidang pengembangan teknologi penerbangan dan antariksa.

Pada kesempatan ini, Kepala LAPAN meluncurkan Buku Elektronik “The Eclipse: Gerhana Matahari Total - catatan peristiwa 9 Maret 2016.” Di dalam buku tersebut, dicatat beberapa peristiwa penting terkait kegiatan pemantauan dan pendokumentasian fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi tanggal 09 Maret 2016. Terdapat 11 provinsi yang terlintasi peristiwa tersebut. Peristiwa astronomi yang langka ini dijadikan momentum oleh LAPAN sebagai ajang penelitian di bidang sains keantariksaan serta edukasi kepada publik. Berbagai institusi dan komunitas baik di dalam maupun di luar negeri terlibat dalam kegiatan tersebut. 

Kegiatan tersebut akan dijadikan bahan riset para peneliti bidang astronomi. Untuk menyimak lebih mendalam, Kepala LAPAN menyampaikan informasi, buku elektronik tersebut dapat diunduh dalam situs www.lapan.go.id.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL