Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN kembangkan pesawat tanpa awak buat pantau sektor maritim
Penulis : Arie sunaryo • Media : Merdeka.com • 09 Aug 2016 • Dibaca : 18060 x ,

Merdeka.com - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menegaskan, sistem pemantauan maritim di Indonesia sangat penting dalam pengamanan zona teritorial laut Indonesia. Apalagi ini merupakan sektor tengah digenjot Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

"Sistem berbasis iptek penerbangan dan antariksa ini akan semakin memperkuat sistem pengamanan zona teritorial laut Indonesia. Bisa memberikan data akurat sebagai bahan kebijakan pemerintah," ujar Thomas Djamaluddin di Solo, Selasa (9/8).

Dia yakin dukungan satelit LAPAN-A2 dan LAPAN-A3 sangat mungkin untuk dilakukan. Pengembangan Iptek penerbangan dan antariksa untuk kemaritiman, kata dia, merupakan fokus LAPAN saat ini. Hal itu sesuai dengan program penguatan di bidang maritim yang dijalankan Pemerintahan Jokowi.

Hal itu diwujudkan LAPAN dengan mengembangkan sistem untuk memantau potensi cuaca ekstrem di laut, layanan informasi zona potensi penangkapan ikan (ZPPI) berbasis pemantauan klorofil dan suhu muka laut. "Dengan informasi ini nelayan ke laut tidak lagi untuk mencari ikan, tetapi menangkap ikan," imbuh Thomas.

Selain itu, LAPAN juga mengembangkan sistem pemantauan terhadap kapal-kapal di wilayah laut Indonesia. Sistem yang bekerja dengan memanfaatkan sensor Automatic Identification System (AIS) ini juga dapat mendeteksi keberadaan para kapal pencuri ikan.

Sumber :
http://www.merdeka.com/peristiwa/lapan-kembangkan-pesawat-tanpa-awak-buat-pantau-sektor-maritim.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL