Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN berniat bangun Bandara Antariksa Nasional
Penulis : Arie sunaryo • Media : Merdeka.com • 09 Aug 2016 • Dibaca : 21335 x ,

Merdeka.com - Rencana pembangunan Bandara Antariksa Nasional terus dimatangkan. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) membidik dua lokasi strategis, dengan pertimbangan teknis dan nonteknis.

Kedua lokasi itu adalah Morotai (Maluku Utara) dan Biak Numfor (Papua). Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin mengatakan, kedua lokasi itu berada dekat dengan garis khatulistiwa (equator) dan menghadap ke Samudera Pasifik. Namun, Bandara Antariksa Nasional itu kemungkinan baru bisa dibangun pada 2040. Sebab proyek itu membutuhkan uang tidak sedikit.

"Investasinya sangat besar, jadi kita butuh bermitra dengan negara lain," kata Thomas, di sela-sela Seminar dan Sosialisasi Hasil Satelit LAPAN A2/LAPAN-Orari dan pasca peluncuran Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB, di Solo, Selasa (9/8).

Thomas menambahkan, di dunia saat ini baru ada dua bandara antariksa memiliki lokasi strategis. Yakni, Bandar Antariksa Guyana di Kouruo, Prancis, dan Bandara Antariksa Alkantara, Brazil.

"Nanti Indonesia akan menjadi negara ketiga yang memiliki bandara antariksa yang bisa meluncurkan satelit dari garis khatulistiwa. Ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi negara ini," ujar Thomas.

Menurut Thomas, bandar antariksa nasional itu merupakan implementasi dari amanat Undang-Undang nomor 21/2013 tentang Keantariksaan. Di dalam undang-undang itu disebutkan secara geografis Indonesia berada di posisi strategis.

Sumber :
http://www.merdeka.com/peristiwa/lapan-berniat-bangun-bandara-antariksa-nasional.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL