Kompetensi Utama

Layanan


Kembangkan Penelitian, UNS Kerja Sama dengan LAPAN
Penulis : Bramantyo • Media : Okezone.com • 10 Aug 2016 • Dibaca : 31455 x ,

SOLO – Penandatanganan Memorendum of Understanding (MoU) di bidang penelitian dan pengembangan dilakukan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Penandatangan tersebut resmi dilakukan oleh Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi dan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof Dr Thomas Djamaluddin.

Dalam kesempatan tersebut, usai penandatangan Memorendum of Understanding (MoU) di bidang penelitian dan pengembangan, Ravik menyampaikan, tim dari LAPAN akan datang ke kampus dan memberi kuliah umum di UNS.

"Di antaranya terkait tujuh hal program utama LAPAN. Selain itu, menjadi dosen tamu atau dosen tidak tetap dan dosen luar biasa," papar Ravik.

Ravik mengungkapkan, selain itu penandatanganan MoU nantinya juga dilakukan kerjasama terkait empat kompetensi LAPAN dan tujuh program utama yang dilakukan LAPAN.

Sementara masalah bidang pengabdian, lanjut Ravik, LAPAN akan berperan aktif dengam bergabung dalam bidang penelitian dan rekayasa. Nantinya, UNS juga akan membantu untuk memperkenalkan dan menyosialisasikan produk yang dihasilkan LAPAN, yakni dengan memanfaatkan momentum program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik yang selama ini telah bekerja sama dengan BMKG .

Thomas Djamaluddin menjelaskan, banyak sekali program utama LAPAN yang sudah dikembangkan dengan tekhnologi canggih. Di antaranya pengembangan teknologi satelit, pengembangan roket Sonda yang dikembangkan roket peluncur satelit. Ada juga pengembangan teknologi aeronetika atau teknologi penerbangan meliputi pesawat transpor dan pesawat tanpa awak.

"Selain itu, ada sistem pemantau maritime berbasis pesawat tanpa awak, pengembangan bank data penginderaan jauh nasional, pengembangan pemantau bumi nasional," pungkasnya.

Sumber :
http://news.okezone.com/read/2016/08/10/65/1459900/kembangkan-penelitian-uns-kerja-sama-dengan-lapan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL