Kompetensi Utama

Layanan


Sosialisasi di SMP IT Insan Harapan: Kepala LAPAN Sanggah Pernyataan Bumi Berbentuk Datar
Penulis Berita : Humas/Zk • Fotografer : Humas/Zk • 19 Aug 2016 • Dibaca : 40696 x ,

Kepala LAPAN Berfoto Bersama dengan Pelajar SMP IT Insan Harapan Usai Memberikan Sosialisasi

Jumat (19/08), LAPAN diundang SMP IT Insan Harapan, Yayasan Insan Harapan Umat untuk menyampaikan sosialisasi tentang sains antariksa, khususnya bidang astronomi. Kali ini, tampil sebagai Guest Teacher, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Kegiatan berlangsung di Masjid Roudlotul ‘Ulum, SMP IT Insan Harapan, Tangerang, Banten.

Pemaparan dikemas ringan Kepala LAPAN dengan berbagi pengalaman masa kecil, ketika masih duduk di bangku SMP. Ia menceritakan cita-citanya yang berubah-ubah yang akhirnya lebih menggandrungi bidang astronomi, yang telah menuntun hingga ia mencapai jenjang karirnya di LAPAN. “Kisah itu bermula dari kegemaran saya membaca cerita tentang alam semesta dari Encyclopedia Americana yang saya peroleh dari Keduataan Amerika dan cerita tentang Unidentified Flying Object (UFO). Berkat rajin membaca dan menulis, tulisan saya dimuat di majalah ilmiah populer Scienta. Pengalaman tersebut sangat berarti bagi saya dalam menapaki jenjang karier sebagai peneliti astronomi,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Thomas mengajak para pelajar agar menyukai pengetahuan keantariksaan, seperti sains antariksa, sains atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa seperti roket dan satelit, dan sebagainya. Karena menurutnya, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut dapat digelutinya dengan bergabung di LAPAN. 

Lebih lanjut, Kepala LAPAN menyampaikan hasil penelitian dan pengembangan (Litbang) LAPAN terkait empat kompetensi utama dan tujuh program utama LAPAN. Ia juga memaparkan tentang tata surya seperti peredaran planet, galaksi, keberadaan bintang-bintang di antariksa. Thomas juga menjelaskan tentang sinkronisasi bumi dan bulan, berkaitan dengan perubahan hari, bulan dan pasang surut air laut. Fenomena alam tersebut sangat berdampak pada kondisi ionosfer, sehingga berhubungan dengan gangguan satelit di orbit. Begitu juga perubahan iklim global yang dapat menimbulkan berbagai bencana alam. 

LAPAN melakukan penelitian tentang matahari dan atmosfer, untuk menganalisa kondisi alam semesta dikaitkan dengan kehidupan di bumi. Sehubungan dengan tema tersebut, Kepala LAPAN dalam mengaitkannya dengan Al Quran Surat Asy-Syams ke-91 yang menceritakan tentang matahari, bulan, dan alam semesta ini.

Kepala Sekolah SMP IT Insan Harapan, Wahyu Setiadi Putra, menanggapi dengan ungkapan minat siswanya di bidang astronomi. Ia mencontohkan salah satu kegiatan yang dilakukan, yaitu aktivitas Club Astronomi di sekolah tersebut yang turut melakukan pemantauan pada saat terjadi Gerhana Matahari Total (GMT) pada tanggal 09 Maret 2016. Ia juga menceritakan berbagai prestasi yang diraih seperti Juara Nasional Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang matematika tahun 2010, perolehan mendali perunggu di bidang Fisika OSN 2014 di Padang dan medali emas pada perlombaan Asean Robotics Competition di Malaysia tahun 2015, serta masih banyak prestasi siswa lainnya.

Para siswa sangat antusias mengkritisi berbagai fenomena dan kegiatan menarik tentang antariksa. Salah satunya, seorang siswa menanyakan kebenaran dari komentar beberapa sumber di media sosial bahwa Bumi itu datar. Kepala LAPAN meluruskannya bahwa pernyataan tersebut tidak valid. Dari dasar penelitian di LAPAN, bentuk bumi sama dengan planet-planet yang lain. “Hal ini sudah dibuktikan oleh peneliti yang melakukan penelitian di stasiun antariksa dan juga para astronot pesawat ulang-alik yang sering melakukan pemotretan terhadap bumi, yang bentuknya jelas bulat,” tegasnya. Acara tersebut diakhiri dengan Sholat Jumat berjamaah dengan Khotib Kepala LAPAN. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL