Kompetensi Utama

Layanan


Sosialisasi ke Pelajar Mengawali Pekan Komurindo – Kombat 2016
Penulis Berita : Humas/Happy • Fotografer : Humas/RZ • 23 Aug 2016 • Dibaca : 12293 x ,

Suasana Pemaparan LAPAN dalam Acara Sosialisasi Komurindo-Kombat 2016 pada Pelajar dan Guru di Garut

Pekan Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) – Kompetisi Muatan balon Atmosfer (Kombat) 2016 yang sudah ditunggu-tunggu mahasiswa di seluruh Indonesia akhirnya telah dimulai. Pekan Perdana diawali dengan sosialisasi tentang ajang kompetisi tersebut di Kota Garut dan Pameungpeuk, sebagai daerah yang dijadikan lokasi kompetisi tersebut berlangsung. 

Sosialisasi dilakukan secara bertahap pada tanggal 22 dan 23 Agustus 2016. Tahapan pertama, sosialisasi diselenggarakan di SMK Negeri 1 Garut yang dihadiri 250 peserta, yang terdiri dari guru dan para murid dari sejumlah sembilan sekolah menengah atas maupun kejuruan. Pada hari berikutnya, sosialisasi kembali dilakukan di hadapan 100 peserta dari sejumlah tiga belas sekolah. Adapun pelaksanaannya berlangsung di SMA Negeri 5 Garut.

Pemaparan teknis disampaikan oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang), Agus Bayu Utama. Dalam paparannya, ia mempresentasikan tentang hasil litbang LAPAN, khususnya hasil riset yang dilakukan para peneliti di Pustekbang. Khusus untuk membuka wawasan tentang kompetisi terkait, Agus menjelaskan tentang jenis dan cara kinerja roket yang digunakan untuk menerbangkan muatan roket yang diperlombakan. Pada kesempatan ini, LAPAN juga melakukan demo terbang pesawat LAPAN Surveillance UAV (LSU).

Sementara, Kepala Subbagian Edukasi Publik, Happy Rumiris memaparkan ruang lingkup kegiatan LAPAN secara keseluruhan. Ia juga mengenalkan beberapa produk litbang LAPAN yang bermanfaat untuk mendukung Pengembangan Sistem Pemantauan Maritim Berbasis Iptek Penerbangan dan Antariksa. Beberapa penjelasan tentang mekanisme lomba pada Komurindo dan Kombat juga disampaikan. Melalui pertemuan tersebut, diharapkan dapat menjadi media komunikasi LAPAN untuk menarik minat mahasiswa di Garut, agar turut berpartisipasi mengikuti kompetisi tersebut untuk tahun-tahun berikutnya. Mengingat, sampai dengan penyelenggaraan pada tahun ini, belum ada tim dari tuan rumah sendiri (garut) yang berkontribusi mengikuti ajang tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan Gumilar mengapresiasikan dengan mendorong para pelajar yang ikut hadir dalam acara sosialisasi tersebut, untuk turut menyaksikan kegiatan kompetisi penerbangan pada tanggal 26 Agustus 2016. “Untuk mendukungnya, kami berharap agar wilayah Pameungpeuk bisa dikembangkan menjadi lokasi wisata edukasi yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya,” ujarnya. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL