Kompetensi Utama

Layanan


Teknologi Satelit dan Pesawat N-219 Jadi Produk Unggulan Hakteknas ke-21
Penulis : Adam • Media : ristekdikti.go.id • 24 Aug 2016 • Dibaca : 31346 x ,



Rabu (10/08), Satelit LAPAN A-2/LAPAN-Orari dan Satelit LAPAN A-3/LAPAN-IPB, serta Pesawat N-219, hasil riset LAPAN menjadi produk unggulan yang ditampilkan dalam rangkaian pameran Ritech Expo 2016 dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21 di lapangan parkir Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Keberadaan Mock up produk hasil litbang tersebut cukup menyita perhatian masyarakat yang mengunjungi stan pameran LAPAN.

Pameran hasil litbang yang ditampilkan LAPAN tersebut mendukung tema perayaan Hakteknas tahun ini, yang mengusung tema Inovasi untuk kemandirian dan daya saing bangsa. Tema ini dipilih untuk memacu tumbuhnya berbagai produk inovasi teknologi karya bangsa sendiri. Hal ini mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di negeri ini.

Diharapkan, rangkaian kegiatan ini mampu memberikan inspirasi dan rasa bangga atas keberhasilan putra-putri bangsa dengan karya baktinya yang tinggi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagaimana disampaikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (menristekdikti), Muhammad Nasir ketika memberikan sambutan dalam pembukaan pameran.

Sementara, puncak acara Hakteknas secara resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mencanangkan inovasi untuk kemandirian dan daya saing bangsa. Selanjutnya, kedua tokoh penting dalam pemerintahan kali ini melakukan tinjauan ke simulator pesawat terbang N-219 dan stan pameran LAPAN.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin menjelaskan tentang kemampuan satelit karya teknologi LAPAN, serta pemaparan hasil pemantauan Satelit LAPAN-A2/LAPAN-Orari dan hasil peluncuran Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB. Puan menanggapinya dengan penuh antusias. “Data satelit tersebut harus didistribusikaan dengan koordinasi yang baik karena menyangkut potensi dan keamanan negara,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala LAPAN menyerahkan cinderamata berupa miniatur Satelit LAPAN-A2/LAPAN-Orari dan LAPAN-A3/LAPAN-IPB kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Ia juga menyerahkan Buku Elektronik “The Eclipse: Gerhana Matahari Total – Catatan Peristiwa 09 Maret 2016” kepada Menristekdikti.

Pameran tersebut berlangsung tanggal 10-13 Agustus 2016. Dipamerkan dalam stan Pameran LAPAN, poster berbagai produk hasil litbang LAPAN yang menampilkan sistem pemantauan maritim berbasis iptek penerbangan dan antariksa. Produk-produk riset tersebut antara lain citra satelit yang bermanfaat untuk memantau daerah potensi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), hasi pemantauan Satelit LAPAN-A2/LAPAN–Orari. Di bidang sains, LAPAN menampilkan mini planetarium. Ditampilkan pula dokumentasi peluncuran Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB, serta beberapa mock up satelit dan Pesawat LAPAN Surveillance Aircraft (LSA), serta Pesawat LAPAN Surveillance UAV (LSU). Salah satu pemanfaatan di bidang maritim, pesawat tersebut digunakan untuk mendukung mitigasi bencana.

Sumber :
http://hakteknas.ristekdikti.go.id/?q=node/100








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL