Kompetensi Utama

Layanan


Komurindo-Kombat 2016: Kampus PENS Raih Penghargaan Terbanyak
Penulis Berita : Humas/Zk • Fotografer : Humas/Sgd • 27 Aug 2016 • Dibaca : 14412 x ,

Pemenang Komurindo-Kombat 2016 Berfoto Bersama dengan Panitia dan Dewan Juri

Gelaran Komurindo – Kombat 2016 telah usai diselenggarakan. Jumat (26/08), dilaksanakan malam penutupan untuk mengumumkan para pemenang kompetisi, baik kategori muatan roket, roket EDF, maupun muatan balon. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Integrasi, Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Garut, Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin menyampaikan esensi kegiatan yang diikuti oleh para mahasiswa di seluruh Indonesia itu. Menurutnya, negara besar sangat membutuhkan teknologi penerbangan dan antariksa. Upaya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut telah ditempuh LAPAN, salah satunya dengan terus meningkatkan pelaksanaan edukasi keantariksaan di kalangan generasi muda, salah satunya penyelenggaraan kompetisi ini. Dengan kemampuan SDM yang telah dibina sejak dini, suatu saat LAPAN setara dengan badan antariksa dunia dan tidak tergantung lagi dengan negara lain. 

Satu hal pengalaman kegiatan kali ini, para mahasiswa telah berkerja keras, berkreasi dalam menggelontorkan ide, dan siap menghadapi berbagai resiko maupun tantangan, serta mengalahkan ego pribadi demi kesuksesan tim. Hal tersebut berkat ketekunan dan kesabaran mereka selama mengikuti rangkaian acara.

Pada kesempatan malam tersebut, Ketua Dewan Juri, Dr. Endra Pitowarno membacakan berita acara pengumuman kompetisi. Para pemenang, masing-masing memperoleh piala/medali penghargaan dan uang pembinaan.

Adapun pemenang Kategori Muatan Roket adalah Juara 1 (Tim IRSKY’64 Politeknik Negeri Jember), Juara 2 (StarPENSky X5 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)), Juara 3 (Bangau APTRG Universitas Telkom), Juara 4 (ERG-Delta Universitas Komputer Indonesia), Juara Ide Terbaik (GATHOTKACA Universitas Gadjah Mada (UGM)). dan Juara Desain Terbaik (StarPENSky X5 PENS). Pemenang Kategori Roket EDF yaitu Juara 1 (DIRK FAR-SABRE Universitas Komputer Indonesia), Juara 2 (EEPSKY G-07 PENS), Juara 3 (ISTA BIMASAKTI III Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta), Juara 4 (ULTRON UGM), Juara Ide Terbaik (EAGLE ART UNESA Universitas Negeri Surabaya), dan Juara Desain Terbaik (SRIKANDI_USRC Universitas Negeri Malang). Pemenang Kategori Muatan Balon adalah Juara 1 (EEPISky_Baloon_03 PENS), Juara 2 (Mr. Cube Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), Juara 3 (MDP Ballon AMIK MDP Palembang), Juara 4 (TESLA FUGE’s Universitas Gunadarma), Juara Ide Terbaik (Ararkula Team Universitas Telkom), dan Juara Desain Terbaik Maheswara UGM).

Sebagai penutup, Kepala LAPAN berpesan, agar bekal pengetahuan dan pengalaman dalam penguasaan teknologi antariksa yang diperoleh selama mengikuti kompetisi harus diasah terus dan ditularkan pengetahuannya ke lingkungan sekitar. Sedangkan Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum, selaku Ketua Panitia Komurindo-Kombat 2016, Christianus R. Dewanto, mengatakan bahwa kompetisi ini berjalan lancar. Masing-masing menjunjung sportivitas yang tinggi. Tim Juri juga bekerja sama dengan baik, tegas dalam mengawasi pelaksanaan lomba sekaligus penilaian.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL