Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Bimbing Pemenang Kombat 2016 Ikuti Ajang Cansat Competition
Penulis Berita : Humas/Indah • Fotografer : Humas/Uli • 07 Sep 2016 • Dibaca : 21968 x ,

Kegiatan Bimbingan Tim Garuda Cansat di Kantor Pusteksat LAPAN

Rabu (07/09), LAPAN memberikan bimbingan teknis tentang ruang lingkup pembangunan satelit kepada Tim Pemenang Kombat 2016. Tim Garuda (Universitas Gunadarma), sebagai salah satu tim yang dinominasikan, untuk selanjutnya bernama Tim Garuda Cansat, menerima pembekalan tersebut selama dua hari di Kantor Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat), Rancabungur, Bogor. 

Tim ini dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan Cansat Competition di Mongolia pada tanggal 22-23 September mendatang. Sebagaimana diketahui, ajang tersebut diselenggarakan oleh Asia-Pacific Space Cooperation Organizations (APSCO) yang ditujukan merangsang minat generasi muda dalam merancang, membuat, dan menganalisis karya teknologi satelit. 

Langkah tersebut untuk menindaklanjuti permintaan Nota Verbal APSCO ke LAPAN untuk menominasikan Tim peserta kompetisi Cansat. Maka, Subbagian Edukasi Publik LAPAN menindaklanjuti dengan melibatkan para peserta Komurindo-Kombat 2016 yang baru diselenggarakan pada tanggal 24-27 Agustus, untuk berperan dalam kegiatan Cansat yang diselenggarakan tahun ini.

Kedatangan Tim Garuda Cansat disambut langsung oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat, Iwan Faizal, selaku Ketua Tim Pembimbing Tim Garuda Cansat. Untuk membuka wawasan, ia mengenalkan program dan kegiatan Pusteksat, sekaligus menceritakan capaian-capaian Pusteksat dalam pembangunan satelit, salah satunya keberhasilan peluncuran Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB. “Untuk selanjutnya, LAPAN juga akan meluncurkan beberapa satelit generasi berikutnya. Dalam waktu dekat yaitu rencana peluncuran LAPAN-A4 pada tahun 2019,” paparnya.

Tim Garuda Cansat memperoleh pembekalan mengenai desain, Assembly, Integration, and Test (AIT), dan operasi satelit. Seluk beluk teknologi satelit tersebut disampaikan oleh Tim Teknisi Pembangunan Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB. mereka adalah para pakar yang mengusung keberhasilan peluncuran satelit tersebut. Mereka adalah M. Farid Huzain, Dwiyanto, A. Hadi Syafrudin, Deddy El Amin, Satriya Utama, Muhammad Taufik, Harry Septanto, dan M. Arif Saifudin.

Pada hari pertama bimbingan, Tim Garuda Cansat memperoleh kesempatan kunjungan fasilitas, antara lain Ruang AIT, Tracking and Control Room, dan Ground Station untuk pemantauan satelit. Lebih detil lagi, tim ini akan melakukan review teknis pada hari berikutnya. Pengetahuan yang akan diperoleh adalah terkait misi payload, komunikasi, navigasi, power, struktrur, OBC, paket data dan elektronik, GS, dan sebagainya.

Bimbingan LAPAN kali ini untuk memberikan pembinaan mengenai proses mendesain rancangan satelit sampai dengan memberikan arahan mengenai beberapa permasalahan yang dihadapi, untuk mempersiapkan diri mewakili Indonesia dalam kompetisi tersebut.

Kegiatan Cansat yang merupakan kegiatan simulator satelit, kali ini membawa peran misi utama yaitu pengambilan suatu gambar pada suatu obyek yang tepat. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa perwakilan negara, seperti Turki dan Peru. 

Salah satu dosen pembimbing Tim Garuda Cansat, Purnawarman Musa, mengungkapkan rasa bangga dan ucapan terima kasih ke LAPAN, yang telah mendorong para mahasiswanya untuk berpartisipasi mengikuti ajang bergengsi di taraf internasional. Ia berharap, agar Tim Garuda Cansat bisa membawa nama baik Indonesia di kancah Internasional.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL