Kompetensi Utama

Layanan


Tim Satelit Universitas Surya Kunjungi Pusteksat
Penulis Berita : Humas/PS • Fotografer : Humas/PS • 16 Sep 2016 • Dibaca : 17323 x ,

Tim Satelit Universitas Surya Menyimak Pemaparan dari LAPAN

Jumat (16/09), sejumlah sembilan mahasiswa Universitas Surya Tangerang, sebagai bagian Tim Surya Satelit-1, melakukan kunjungan studi ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN di Bogor, Jawa Barat. Kunjungan ini bermaksud untuk melakukan konsultasi, proses perijinan pemakaian peralatan, serta kunjungan fasilitas yang dijadikan lokasi pembangunan satelit di LAPAN.

Para mahasiswa ini merupakan bagian dari 14 anggota tim Surya Satelit-1. Di mana, Surya Satelit-1 merupakan satelit rancangannya yang rencananya akan diluncurkan pada Desember 2017. Mereka adalah mahasiswa dari Fakultas Clean Energy and Climate Change, Program Studi Physics-Energy Engineering. 

Kepala Bidang Diseminasi Pukteksat, Iwan Faizal, memaparkan tentang hasil dan capaian litbangyasa Pusteksat, sesuai dengan visi yang diemban LAPAN, yaitu menjadi Pusat Unggulan Teknologi Satelit untuk Mewujudkan Indonesia yang Maju dan Mandiri. Iwan juga menjelaskan tentang Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB, sebagai satelit generasi ketiga yang baru diluncurkan tahun ini, sebagai hasil rancang bangun para engineer LAPAN. Satelit tersebut sudah mulai beroperasi dan mengirimkan data dari ketinggian orbit 360 km. 

Salah satu Senior Engineer, Mukhayadi, memperjelas pemaparan dengan menceritakan tentang segala aspek yang harus diperhitungkan dalam rancang bangun satelit. Sebagai contoh, misi apa yang diemban oleh satelit tersebut, apakah komunikasi, surveillance, space camera, Voice Repeater (VR), dan APRS, sampai dengan pertimbangan material dan launcher.

Untuk menyaksikan secara langsung proses rancang bangun satelit, para mahasiswa ini melakukan kunjungan di beberapa fasilitas, antara lain ruang Assembly Integration and Test (AIT), Laboratorium Mekatronika, dan Ground Station, serta melakukan workshop pembuatan struktur satelit. Mereka sangat antusias menyerap ilmu dan pengalaman yang diberikan pada kegiatan ini, bahkan memberikan beberapa gagasan dan ide menarik.

Sebagaimana penjelasan Kordinator Tim, Muhammad Zulfa, mengungkapkan rasa bangga bahwa timnya mendapat kesempatan tersebut, sehingga dapat membuka wawasan untuk mengembangkan pengetahuan yang diperolehnya tersebut. Sehingga hal ini bermanfaat dalam melakukan proses rancang bangun satelit nano yang sedang direncanakannya. Zulfa berharap memperoleh bimbingan dan masukan yang lebih banyak lagi untuk membekali timnya, terutama kesempatan untuk menggunakan fasilitas yang dimiliki LAPAN dalam mendukung kelancaran pembangunan satelit. “Kami juga berniat untuk melakukan magang kerja, apabila diijinkan,” harapnya.

Harapan tersebut disambut baik LAPAN. “kami terbuka seluas-luasnya, Tim Universitas Surya boleh melakukan konsultasi teknis seoptimal mungkin. Untuk pemakaian peralatan lab, silakan dimanfaatkan sebaik-baiknya, sesuai dengan syarat dan ketentuan serta jadwal yang disepakati,” tegas Iwan. Ia juga memberikan support agar Tim Universitas Surya tetap maju dan pantang mundur. “Mudah-mudahan niat yang baik dan mulia untuk kemajuan persatelitan Indonesia semakin digandrungi para generasi muda,” imbuhnya. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL