Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Semarakkan Fun Science Harian Republika
Penulis Berita : Humas/PS • Fotografer : Humas/PS • 17 Sep 2016 • Dibaca : 30433 x ,

Kepala LAPAN memaparkan tentang kegiatan LAPAN di hadapan peserta Fun Science Harian Republika

Sabtu ( 17/09), LAPAN diundang Kantor Harian Republika untuk berpartisipasi dalam acara “fun science”. Kegiatan ini sebagai wadah pembelajaran ilmu pengetahuan yang dikemas dengan cara menyenangkan. Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin tampil sebagai pembicara utama. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Wakil Pemimpin Redaksi Harian Republika, Nur Hasan Murtiaji membuka acara dengan menjelaskan tujuan kegiatan tersebut. Kegiatan dirintis untuk mengenalkan ke masyarakat luas, terutama anak-anak dan remaja, agar cinta dan berminat untuk mempelajari ilmu sains dan teknologi. 

Untuk menumbuhkembangkan minat para pelajar, Kepala LAPAN memulai pemaparan dengan menceritakan secara singkat pengalaman masa kecilnya yang sudah gemar membaca berbagai jenis buku. Buku-buku tersebut menjadi sumber inspirasinya dalam mengembangkan wawasan dan pengetahuannya. Untuk memotivasi para peserta, Thomas berkisah tentang pengalamannya ketika diberi pertanyaan guru tentang pembentukan minyak bumi, dia sebagai satu-satunya siswa yang bisa menjawab. Jawaban tersebut diperolehnya karena kegemarannya memmbaca. Bahkan cita-citanya sejak kecil terwujud melalui LAPAN, yaitu menjadi peneliti yang hingga saat ini digeluti.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala LAPAN memaparkan ruang lingkup penelitian dan pengembangan (Litbang) di LAPAN, antara lain teknologi penerbangan dan antariksa seperti roket, satelit, dan pesawat terbang, kemudian sains antariksa dan sains atmosfer, serta penginderaan jauh, yang tercakup dalam tujuh program utama LAPAN. 

Untuk membekali ilmu pengetahuan tentang penerbangan dan antariksa, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) , Lilis Maryani memaparkan tentang teknologi roket. Lilis menjelaskan sejarah penemuan roket serta prinsip kerja roket. Agar materi mudah diserap oleh peserta, pemaparan dikemas dengan lebih menarik melalui penyajian gambar karikatur yang lucu. Ia pun mengenalkan dengan tutur bahasa yang sedehana dan humoris. Dengan dipandu oleh Tim Bidang Diseminasi Pustekroket, peserta juga diberikan kesempatan untuk membuat dan merakit sendiri roket air. Lebih menarik lagi, mereka juga sekaligus meluncurkan sendiri roket air yang telah dibuat dan dirakit sebelumnya. 

Wadah inilah yang diharapkan dapat menumbuhkan kerhadap wawasan dan ilmu pengetahuan tentang sains dan antariksa. Melalui kegiatan semacam Fun Science, diharapkan semakin diselenggarakan oleh berbagai pihak dengan topik dan kegiatan yang berbeda, sehingga masyarakat semakin bertambah dan berkembang dalam menyerap ilmu pengetahuan terkait. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL