Kompetensi Utama

Layanan


Kuliah Umum Sebagai Rintisan Awal Implementasi Kerja Sama LAPAN dengan FMIPA UNHAS
Penulis Berita : Humas/Leo • Fotografer : Humas/Leo • 19 Sep 2016 • Dibaca : 27020 x ,

Kepala LAPAN saat tampil sebagai pembicara dalam Kuliah Umum di FMIPA Universitas Hasanuddin

Senin (19/09), Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin tampil memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan tersebut menjadi titik awal diperluasnya jejaring kerja sama antara LAPAN dengan Unhas, yang sudah dijalin sejak 2014.

Untuk mencapai cita-cita menjadi Pusat Unggulan dalam bidang penerbangan dan antariksa, LAPAN menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk universitas-universitas nasional unggulan, salah satunya Universitas Hasanuddin (Unhas). Kerja sama dengan Unhas sudah dirintis sejak 2014, dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman (MoU) kedua pihak. Menyusul kemudian implementasi ruang lingkup kerja sama dengan disepakatinya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara LAPAN dengan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. 

Kesempatan untuk mengimplementasikan ruang lingkup kerja sama dimanfaatkan oleh FMIPA Unhas. Fakultas ini tertarik mengisi ruang lingkup dengan bekerja sama dalam pembangunan satelit mikro. Kegiatan perintisan kerja sama tersebut diawali dengan penyelenggaraan kuliah umum yang merupakan bagian dari pembukaan International Conference on Theoritical and Applied Physics (ICTAP) ke-6, bertemakan “Physics for Future Development of Science and Technology”.

Kepala LAPAN menyampaikan tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Penerbangan dan Antariksa. Dalam paparannya, ia menjelaskan empat Kompetensi Utama dan tujuh Program Utama LAPAN. Masing-masing program utama dijelaskan dengan rinci, sembari menekankan bahwa kesinambungan program LAPAN sangat ditunjang oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. Salah satunya, kualitas SDM tersebut yang dapat disediakan oleh perguruan tinggi. Di samping itu, LAPAN merencanakan membangun bandar antariksa di Indonesia bagian timur, dengan rencana lokasi di Morotai atau Biak, yang secara geografis dekat dengan lokasi Unhas.

Pada sesi berikutnya, Prof. Dr. Triyanta (ITB) menyampaikan bahasan “Gravitoelektromagnetisme: dari Newton ke TEGR”. Sebelumnya, kuliah umum ini dibuka dengan laporan Ketua Panitia, Prof. Dr. Dahlang Tahir, serta sambutan oleh Dekan FMIPA, Dr. Eng. Amiruddin dan Ketua Jurusan Fisika, Dr. Tasrief Surungan. Kegiatan tersebut ditindaklanjuti dengan pembahasan poin-poin kerja sama.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL