Kompetensi Utama

Layanan


ISAST IV Tampilkan Inovasi Teknologi Penerbangan dan Antariksa
Penulis Berita : Humas/ZK • Fotografer : Humas/Meg • 20 Sep 2016 • Dibaca : 25151 x ,

Kepala LAPAN membuka ISAST 2016.

LAPAN menyelenggarakan Internasional Seminar on Aerospace Science and Technology (ISAST IV/ 2016). Seminar ini merupakan ajang pertukaran pengetahuan, pengalaman sekaligus menampilkan berbagai makalah hasil penelitian inovasi baru di bidang teknologi penerbangan dan antariksa.
Ketua panitia ISAST IV/2016, Dr. Effendi Dodi Arisandi mengatakan bahwa seminar ISAST IV dihadiri 200 peserta. “Secara subtansi, terdapat peningkatan kualitas maupun kuantitas materi seminar,’ ujarnya.

Seminar ISAST IV mempresentasikan 32 makalah dari berbagai institusi. Terdapat enam pembicara tamu dalam kegiatan ini antara lain dari Shibaura Institute of Technology, Jepang; ISAS, JAXA, Jepang; Konkuk University, Korea Selatan; Chiba University, Jepang; dan LAPAN. Tahun ini tema ISAST yaitu Pengembangan Sistem Pemantau Maritim Berbasis Iptek Penerbangan dan Antariksa.

Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, saat membuka acara, mengatakan bahwa seminar ini sangat penting dalam pengembangan potensi masyarakat NTB, yang memiliki banyak pulau sehingga membutuhkan teknologi antariksa.

Lebih lanjut, Thomas juga menjelaskan bahwa LAPAN sebagai instansi pemerintah yang melakukan penelitian dan pengembangan di bidang teknologi penerbangan dan antariksa. Saat ini, LAPAN mempersiapkan pembuatan satelit generasi keempat, LAPAN A-4 dan LAPAN-A5. LAPAN juga sedang meningkatkan kemampuan roket sonda dan juga mengkaji persiapan pembangunan bandar antariksa. Ia berharap, seminar ini dapat meningkatkan berbagai kerja sama baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam acara pembukaan tersebut, perwakilan pemerintah NTB, menilai bahwa penyelenggaraan ISAST IV di Lombok merupakan hal yang bersejarah karena Lombok memiliki sumber daya alam di bidang maritime. Selain itu, kegiatan ini dan juga dapat mempromosikan pariwisata daerah yang banyak memiliki keindahan alam. Sementara itu, perwakilan dari Universitas Mataram dan Universitas Muhammadiyah Mataram menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Mereka mengatakan bahwa seminar ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai teknologi antariksa yang disampaikan oleh para peneliti baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.

Penyelenggaraan ISAST IV juga dilengkapi degan kegiatan pameran yang menampilkan berbagai hasil penelitian dan pemanfaan teknologi penerbangan dan antariksa yang dimiliki LAPAN.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL