Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN: Pecahan Roket Falcon 9 di Sumenep adalah Tabung Bahan Bakar
Penulis : Bisma Alief • Media : Detik.com • 27 Sep 2016 • Dibaca : 7631 x ,

Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memastikan bahwa benda misterius yang jatuh di Sumenep, Jawa Timur merupakan bagian dari Roket Falcon 9. Bagian yang jatuh adalah tabung bahan bakar roket tersebut.

"Jadi yang jatuh adalah tabung bahan bakarnya (Roket Falcon 9)," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin melalui pesan singkat kepada detikcom, Selasa (27/9/2016).

"Roket itu dengan bahan bakar cair," lanjutnya.

Baca Juga: Polisi Uji Benda Misterius di Sumenep: 'Kulit' Penutup Tabung Ternyata Kebal Api

Menurut Thomas, tabung bahan bakar tersebut diperkirakan menggunakan material komposit serat karbon. Namun untuk kepastian material yang digunakan, harus diteliti lebih lanjut.

"Tabung bahan bakar tampaknya menggunakan komposit serat karbon. Mungkin pula jenis komposit yang lebih kuat," ujar Thomas.

Baca Juga: Polisi Amankan 3 Benda yang Diduga Pecahan Roket, 5 Titik di Laut Dilokalisir

Polisi dari Mapolres Sumenep yang mengecek langsung tabung berukuran panjang 1,5 meter dan berdiameter 60 centimeter sempat mencoba untuk membakar bungkus tabung berwarna hitam tersebut. Namun ternyata pembungkus tabung tersebut tidak bisa dibakar.

"Tadi saya uji secara langsung, (pembungkus) tak bisa dibakar. Tahan api," kata Kapolres Sumenep AKBP Josep Ananta Pinora kepada detikcom.

Roket Falcon 9 yang pecahannya diduga jatuh di Sumenep adalah milik Amerika Serikat. Roket tersebut diperkirakan melintasi langit Madura sekitar pukul 09.21 WIB pada ketinggian 129 KM.
(imk/imk)


Sumber : http://news.detik.com/berita/3307411/lapan-pecahan-roket-falcon-9-di-sumenep-adalah-tabung-bahan-bakar








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL