Kompetensi Utama

Layanan


Kata SpaceX, Tak Ada Zat Radioaktif dan Unsur Nuklir di 4 Bagian Roket Falcon 9
Penulis : Mukhlis Dinilah • Media : Detik.com • 07 Oct 2016 • Dibaca : 7710 x ,

Bandung - Empat bagian roket Falcon 9 yang jatuh di Sumenep, Jawa Timur, dipastikan tidak berbahaya. Hal itu diyakini setelah Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengidentifikasi objek sampah antariksa tersebut.

Peneliti LAPAN, Rhorom Priatikanto, mengatakan pihaknya sudah melakukan identifikasi terhadap objek bekerja sama dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN). Hasilnya menunjukkan lokasi tempat jatuhnya sampah antariksa itu aman dari radiasi nuklir.

"Benda-benda dan lokasi di sana aman dari paparan nuklir," kata Rhorom di kantor LAPAN, Jalan Djundjunan, Kota Bandung, Jumat (7/10/2016).

Menurutnya, roket Falcon 9 milik perusahaan SpaceX asal Amerika Serikat itu, tidak mengandung radioaktif yang berbahaya. Bahan bakar yang digunakan yaitu kerosin atau sejenis minyak tanah.
"Normalnya roket sekarang tidak mengandung zat radioaktif. Sehingga terbilang lebih aman," terang dia.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin mengatakan kepastian bagian-bagian roket Falcon 9 itu tidak berbahaya diperkuat oleh pernyataan dari SpaceX.

"Sudah dikonfirmasi juga kemarin dengan pihak SpaceX bahwa objek ini (aman)," ujar dia.

Saat ini, keempat sampah antariksa yang terdiri dari tiga tabung bahan bakar dan satu panel terminal power itu sudah diambil oleh SpaceX untuk dibawa pulang ke Amerika Serikat.

Empat bagian roket Falcon 9 dengan nomer seri 41730 jatuh di Kecamatan Gili Raja dan Giligenting, Sumenep, Jawa Timur, Selasa (27/9/2016). Roket tersebut diperkirakan melintasi langit Madura sekitar pukul 09.21 WIB pada ketinggian 129 KM. Warga sempat geger karena mengira benda tersebut merupakan bagian pesawat komersial.
(err/try)


Sumber : http://news.detik.com/berita/d-3315601/kata-spacex-tak-ada-zat-radioaktif-dan-unsur-nuklir-di-4-bagian-roket-falcon-9








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL