Kompetensi Utama

Layanan


Akankah SpaceX Beri Ganti Rugi ke Warga Terdampak 'Serpihan' Roket Falcon 9?
Penulis : Mukhlis Dinilah • Media : Detik.com • 07 Oct 2016 • Dibaca : 6106 x ,

Bandung - Empat bagian roket Falcon 9 jatuh di Sumenep, Jawa Timur, belum lama ini. Salah satu sampah antariksa itu menimpa kandang kambing milik warga. Apakah akan ada ganti rugi dari SpaceX selaku pemilik roket?

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaludin mengatakan, berdasarkan perjanjian internasional, penggantian bisa dilakukan apabila nilai kerugian besar. Namun, dalam kasus ini kerugiannya hanya sedikit.

"Bisa diklaim, tapi prosedurnya akan rumit. Karena ini (tidak besar) bisa ditangani secara lokal oleh aparat setempat, tidak ada klaim," kata Thomas di Kantor LAPAN, Jalan Dr. Djunjunan, Jumat (7/10/2016).

Thomas menyebut sejauh ini pemilik kandang belum mengajukan klaim kerusakan kandangnya. Namun, berdasarkan informasi yang diterimanya, Polres Sumenep sudah membantu memperbaiki kandang milik warga itu.

"Saya kurang tahu nilai kerugiannya, tapi intinya tidak besar. Tapi kalau korban tiba-tiba komplain, ya tetap akan kami sampaikan ke kedutaan," ucap dia.

Menurutnya, dalam aturan internasional tidak ada batasan berapa besar kerugian materil yang bisa diklaim ketika ada sampah antariksa menimpa bangunan milik warga. Namun, penggantian dibebankan kepada pemilik.

"Soal klaim itu negara ke negara tapi tiap negara kan punya aturan masing-masing. Jadi teknisnya dikembalikan ke negara masing-masing. Biasanya pasti yang mengganti yang punya barang secara hukum internasional seperti itu," ujar dia.

Hari ini, bagian roket Falcon 9 diserahterimakan ke perwakilan SpaceX. Barang-barang tersebut akan dibawa ke AS.
(err/try)


Sumber : http://news.detik.com/berita/d-3315923/akankah-spacex-beri-ganti-rugi-ke-warga-terdampak-serpihan-roket-falcon-9?_ga=1.198310694.807262364.1463487749








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL