Kompetensi Utama

Layanan


Festival Sains Antariksa 2016: LAPAN Ajak Generasi Muda Dalami Teknologi Antariksa
Penulis Berita : Humas/AP-Riri • Fotografer : Humas/AP • 08 Oct 2016 • Dibaca : 40409 x ,

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin memberikan sambutan pembukaan FSA 2016

LAPAN mengadakan Festival Sains Antariksa (FSA) di Kantor Pusat Sains Antariksa, Bandung, Sabtu (08/10). Kegiatan ini diselenggarakan LAPAN dalam rangka memperingati pekan World Space Week mulai tanggal 4 sampai 10 Oktober. Dalam kegiatan kali ini Pusat Sains Antariksa ditunjuk sebagai tuan rumah Festival Sains Antariksa yang merupakan agenda kegiatan tahunan.

Acara dibuka oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Dalam sambutannya, ia menjelaskan pemanfaatan teknologi antariksa yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini. “Teknologi antariksa bukan lagi teknologi asing yang hanya digunakan dalam riset, teknologi tersebut telah dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah bagaimana seluruh orang di sini, setidaknya menggunakan peranti digital yang memanfaatkan teknologi satelit untuk berkomunikasi”, terangnya.

Ia juga menjelaskan mengenai matahari yang saat ini bukan hanya dianggap sebagai sumber energi utama kehidupan di bumi, namun juga sebagai pengganggu teknologi antariksa. Ia memberikan contoh bagaimana pada tahun 2012 dengan terjadinya badai matahari, yang sudah menjadi siklus, dianggap orang akan terjadin kiamat kehidupan. “Sebenarnya,yang mungkin terjadi adalah kiamat teknologi,” ujarnya, “Pada tahun 2012, ada kemungkinan solar flare/ badai matahari, hal tersebut dapat mengganggu satelit dan dapat mengakibatkan kerusakan alat-alat elektronik di bumi. Maka dari itu, yang dapat terjadi bukanlah kiamat kehidupan, namun kiamat teknologi karena alat-alat elektronik di seluruh dunia bisa rusak,” lanjutnya.

Di hadapan pengunjung yang datang dari perwakilan seluruh siswa SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi, serta masyarakat umum se-Bandung, ia juga menjelaskan beberapa hasil litbangyasa LAPAN seperti LSU, Pesawat N219, Roket, dan penginderaan jauh. Ia berharap, kegiatan ini dapat menginspirasi para generasi muda Indonesia untuk semakin mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang sains antariksa. Pengunjung yang datang sangat antusias menyaksikan pameran yang ditampilkan pada FSA tahun ini.

Acara dilanjutkan dengan ceramah umum dari beberapa narasumber yaitu, Rhorom Priyatikanto (Peneliti Pusat Sains Antariksa), yang dalam paparannya menjelaskan tentang mikro-gravitasi. Ingrid Dewi Rucita Saragih (Pemenang Proposal Riset Zero Gravity yang diadakan JAXA), yang dalam paparannya menceritakan tentang pengalamannya mengenai proposal risetnya yang diuji coba di ISS milik JAXA. Selanjutnya adalah Presentasi Remote Sensing oleh Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Rokhis M. Khomarudin yang memaparkan pemanfaatan teknologi penginderaan jauh terkait kerja sama dengan BNN dalam memonitor ladang ganja di Aceh, serta kerja sama strategis lainnya. 

Dalam kegiatan ini, dikisahkan pula pengalaman Future Astronaut Indonesia, Rizman A. Nugroho yang menceritakan pengalamannya berlatih untuk menjadi astronot pertama Indonesia. Dimulai dari seleksi calon astronot yang diadakan pada acara National Space Camp di mana ia harus menjalani tes kemampuan fisik, keberanian, wawancara bahasa inggris, dan tes kesehatan. Penjelasannya dipaparkan melalui tampilan video. “Menjadi astronot adalah di luar nalar saya sebagai sarjana komputer, namun karena mendapat kesempatan, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut,” ujarnya. Rizman berharap, generasi muda Indonesia tidak menyerah saat mendapat kesempatan. Dia menghimbau agar mereka dapat mengejar impian dengan berusaha dan berdoa.

Acara dilanjutkan dengan berbagai kuis dan permainan yang ditujukan untuk para siswa SD, SMP, serta SMA untuk menumbuhkembangkan minat mereka dalam bidang teknologi antariksa.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL