Kompetensi Utama

Layanan


Benda jatuh di Sumenep sampah antariksa milik Amerika
Penulis : Andrian Salam Wiyono • Media : merdeka.com • 07 Oct 2016 • Dibaca : 19756 x ,

Merdeka.com - Benda asing yang jatuh dari langit dan menimpa kandang sapi di Sumenep, Jawa Timur teridentifikasi. Benda yang menyerupai drum besar itu adalah sampah antariksa milik Amerika yang diluncurkan Jepang pada 14 Agustus lalu.
Benda yang jatuh di Indonesia pada Senin 26 September 2016 itu adalah bagian dari kepingan roket Falcon 9 R/B yang diluncurkan satelit komunikasi JCSAT Jepang.

"Lapan kemudian memastikan bahwa itu adalah sampah dari roket Falkon 9 yang meluncurkan satelit milik Jepang dan diluncurkan 14 Agustus 2016 kepunyaan SpaceX," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, di Kantor Lapan Bandung, Jumat (7/10). SpaceX adalah perusahaan transportasi luar angkasa asal Amerika Serikat. Roket Falocon 9 sendiri adalah jenis roket pertama di dunia yang dilengkapi dengan teknologi untuk mendaratkan kembali bagiannya di permukaan bumi.

"Adapun benda jatuh antariksa yang ditemukan merupakan bagian dari tingkat kedua roket tersebut," terangnya.

Dia menambahkan, dari identifikasi di lapangan yang dilakukan peneliti LAPAN, benda jatuh antariksa tersebut tersebar di beberapa titik yakni di Pulau Giligenteng dan Pulau Giliraja. "Kemungkinan melihat objek jatuh ada dibeberapa tempat. Saya yakin beberapa pecahan ini memang di laut jatuhnya," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut LAPAN resmi memberikan benda antariksa yang tampak hangus terbakar pada Ryan Wiltshire, Direktur Komersial Sales, SpaceX. Benda tersebut akan dikembalikan ke negara asalnya Amerika.


Sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/benda-jatuh-di-sumenep-sampah-antariksa-milik-amerika.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL