Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Pastikan Benda Jatuh di Sumenep Milik Perusahaan Amerika Serikat
Penulis : Roni Kurniawan • Media : metrotvnews.com • 07 Oct 2016 • Dibaca : 7294 x ,

Metrotvnews.com, Bandung: Empat objek yang jatuh di Sumenep, Jawa Timur, sebulan lalu, merupakan milik perusahaan transportasi luar angkasa Amerika Serikat. Empat objek itu merupakan bagian dari roket Falcon 9 R/B.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan roket tersebut milik perusahaan Space X. Thomas menyebut empat objek itu sebagai sampah antariksa.
"Identifikasi didasarkan pada pemantauan LAPAN yang setiap hari memeriksa sampah antariksa melintasi Indonesia dan berpotensi jatuh di wilayah Indonesia," kata Thomas di kantornya di Jalan Dr Djundjunan (Pasteur) Kota Bandung, Jumat (7/10/2016).

Pada 26 September, kata Thomas, dua benda antariksa melintasi Indonesia. Pertama yaitu roket Delta PAM-D yang melintasi kawasan di atas Madura pukul 06.30 WIB. Tiga jam kemudian, roket Falcon 9 melintas dan jatuh di beberapa tempat di Sumenep.
"Pukul 09.00 WIB, kami mendapat laporan bagian kedua Falcon 9 masih melintasi Afrika. Namun berselang 30 menit kemudian, kami mendapat laporan jatuh di Sumenep," ujar Thomas.

Tiga dari empat objek itu berupa tangki bernama composite overwrapped presized vessel. Masing-masing tangki memiliki bobot 100 Kg. Fungsi tangki sebagai tabung bahan bakar.

Sementara satu objek lain yaitu panel terminal power. Beratnya mencapai 55 Kg.

Thomas memastikan keempat benda itu tak berbahaya. Sebab Falcon 9 bukan roket jenis nuklir yang meledak saat jatuh menghujam bumi.

"Tapi roket ini tidak meledak, hanya terdapat noda bakar hasil gesekan saat melintas," pungkasnya.

Pada 26 September, warga Desa Lombang, Sumenep, geger lantaran sebuah benda jatuh menimpa sebuah kandang sapi. Benda tersebut berbentuk tabung dan berwarna hitam.

Bukan hanya satu, tapi empat benda yang jatuh di wilayah Sumenep. Polres Sumenep mengamankan dan menyelidiki empat benda tersebut.

Semula isu yang berkembang menyebutkan empat objek itu bagian dari pesawat yang jatuh di Sumenep. Namun otoritas Bandara Trunojoyo memastikan benda-benda itu bukan bagian dari pesawat. Otoritas bandara pun menegaskan tak ada pesawat jatuh di wilayah tersebut.


Sumber : http://jatim.metrotvnews.com/peristiwa/GKdXrL4K-lapan-pastikan-benda-jatuh-di-sumenep-milik-perusahaan-amerika-serikat








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL