Kompetensi Utama

Layanan


Pelajar SMA Yasporbi 1 Belajar Pembuatan Satelit
Penulis Berita : Humas/Gin • Fotografer : Humas/Deb • 12 Oct 2016 • Dibaca : 21743 x ,

Para Pelajar SMA Yasporbi 1 sedang menyimak pemaparan tentang satelit LAPAN

Sejumlah pelajar dan guru pendamping SMA Yasporbi 1 mengunjungi Kantor Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) di Rancabungur, Bogor. Rombongan dipimpin Robi Kurniawan, diterima langsung Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat, Iwan Faisal dan jajaran di Auditorium Pusteksat.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui secara langsung pembangunan satelit oleh para engineer LAPAN. Seperti penjelasan Ahmad Farid tentang desain satelit, “Roket itu mempunyai beban yang sangat berat, karena itu kita harus menganalisisnya terlebih dahulu sebelum merancangnya,” ujarnya. Setelah itu ia juga menjelaskan tentang skenario peluncuran satelit, dengan memperlihatkan contoh satelit yang ada di dunia, juga mempertontonkan video peluncuran satelit.

Dalam sesi tanya jawab, siswa-siswi SMA Yasporbi 1 sangat antusias menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan satelit yang tidak mereka mengerti. Seperti salah satu siswi bertanya bagaimana kebijakan pemerintah tentang teknologi antariksa untuk kemajuan bangsa dan negara. Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Perekayasa LAPAN, Syarifudin, bahwa dengan cara tersebut ditempuh LAPAN dengan mengusulkan disusunnya Undang-Undang yang melibatkan keantariksaan. Dan kini, sudah disahkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan. Tindak lanjutnya, LAPAN sedang menggodog peraturan pelaksana dari undang-undang tersebut untuk memuat peraturan yang lebih detil lagi.

Usai tanya jawab, berlangsung pertukaran cindera mata antara pihak Pukteksat dengan SMA Yasporbi 1. Kegiatan kunjungan ini diakhiri dengan kunjungan fasilitas. Para siswa ini diajak berkeliling Kantor Pusteksat, melihat lokasi pembuatan satelit dan pemantauan satelit. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL