Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Raih Bhumandala Award Sebagai Salah Satu Simpul Jaringan Informasi Geospasial Terbaik Kementerian/Lembaga
Penulis Berita : Humas/Rub • Fotografer : Humas/Rub • 17 Oct 2016 • Dibaca : 9006 x ,

Kepala Pustekdata saat tampil dengan peraih penghargaan lainnya menerima anugerah Bhumandala Award dari BIG

Senin (17/10), bertempat di Kantor Badan Informasi Geospasial (BIG), Cibinong, Jawa Barat, LAPAN menerima Bhumandala Award. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 Badan Informasi Geospasial (BIG), sebelumnya bernama Bakosurtanal. Momentum tersebut sekaligus untuk memperingati Hari Informasi Geospasial yang jatuh pada tanggal 17 Oktober.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Prof. Dr. Bambang P. S. Brodjonegoro, para gubernur dan walikota/bupati, dan jajaran pejabat serta undangan lainnya, termasuk Sekretaris Utama LAPAN, I.L. Arisdiyo, Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Dedi Irawadi, dan Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata, Rubini Jusuf.

Dalam sambutannya, Menteri PPN menyampaikan, pada saat ini telah disusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2017 dengan pendekatan holistik, tematik, integratif, dan spasial, agar pencapaian sasaran prioritas pembangunan nasional lebih efektif dan efisien. Holistik-tematik, berarti dalam perencanaan prioritas nasional perlu koordinasi dan kerja sama multi kementerian/lembaga. Integratif bermakna dalam pencapaian agenda prioritas pembangunan nasional perlu integrasi dan kombinasi berbagai program dan kegiatan. Spasial dalam arti bahwa dalam perencanaan prioritas pembangunan nasional perlu mempertimbangkan kondisi dan lokasi pembangunan. 

Dengan demikian data spasial memiliki peranan yang penting dalam menentukan dan mengintegrasikan lokasi pembangunan lintas sektoral. Pendekatan ini hanya dapat dilakukan secara optimal jika didukung oleh data spasial yang valid dan terintegrasi. 

Selain itu, menurutnya, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 bidang tata ruang mengamanatkan bahwa pemanfaatan ruang harus sesuai dengan rencana tata ruang dan rencana pembangunan. Hal ini harus sesuai dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) menggunakan peta skala besar. RDTR disusun untuk mendukung perencanaan pembangunan di kawasan perbatasan, kawasan industri prioritas (KIP), kawasan ekonomi khusus (KEK) dan kawasan perkotaan. BIG, LAPAN, dan Bappenas bekerja sama dalam penyediaan data penginderaan jauh resolusi sangat tinggi untuk pembuatan peta skala besar tersebut.

Pada kesempatan ini, BIG juga menganugerahkan “Bhumandala Award” kepada kementerian/lembaga, serta pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota yang telah mengembangkan simpul jaringan informasi geospasial dalam kerangka pembangunan nasional. Proses monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh BIG kepada simpul-simpul jaringan, termasuk Pustekdata LAPAN sebagai simpul jaringan informasi geospasial di LAPAN, telah mendapatkan hasil akhir. Dinyatakan bahwa Pustekdata LAPAN sebagai simpul jaringan informasi geospasial terbaik ke-5 kategori kementerian/lembaga setelah Kementerian PUPERA, Kementerian LHK, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perhubungan. Pada penyerahan penghargaan tersebut, Menteri PPN/Kepala Bappenas menyerahkan penghargaan kepada Kepala Pustekdata. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL