Kompetensi Utama

Layanan


Seminar Nasional “Menjawab Problema Dan Tantangan Kebijakan Dan Regulasi Penerbangan Dan Antariksa”
Penulis : Redaksi • Media : uajy.ac.id • 21 Oct 2016 • Dibaca : 8759 x ,

Keberadaan UU No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan mengharuskan lembaga yang terkait dengan Penerbangan dan Keantariksaan untuk segera menyiapkan berbagai peraturan pelaksanaannya serta berbagai kebijakan yang akan dipergunakan sebagai landasan bagi penyelenggaraan kegiatan keantariksaan di Indonesia. Salah satu amanat UU No. 21 Tahun 2013 tersebut adalah bahwa LAPAN harus membangun dan mengoerasionalkan bandar antariksa. Untuk melaksanakan amanat tersebut perlu dilakukan kajian ditinjau dari berbagai aspek, baik yang menyangkut teknis maupun non teknis seperti aspek-aspek sosio-ekonomi, politik, budaya, hukum, dan pertahanan keamanan. Di bidang penerbangan, berbagai kebijakan dan regulasi juga masih harus dikembangkan di antaranya pengaturan penoperasian pesawat nir-awak.

Di samping itu, terkait dengan penyelenggaraan keantariksaan nasional tentunya tidak terlepas dari berbagai isu internasional yang apabila tidak dicermati dan diantisipasi berpotensi menghammbat atau membatasi upaya Indonesia untuk terus mengembangkan kemampuannya di bidang iptek penerbangan dan antariksa.

Guna melakukan sosialisasi hasil-hasil kajian serta menggali masukan dari berbagai kalangan, maka LAPAN menggandeng Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FH UAJY) menyelenggarakan seminar nasional dengan tema, “Pengembangan Kebijakan dan Regulasi Nasional Penerbangan dan Antariksa : Problem dan Tantangan.”. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Kamis, 20 Oktober 2016 di Gedung Bonaventura, Kampus III UAJY, Jl. Babarsari 43. Adapun pembicara dalam seminar nasional ini adalah Prof. Dr. Thomas Djamaluddin (Kepala LAPAN) Samudra Sukardi, MMIS, MSIS (Vice Chairman CSE Aviation Consultant), dan Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, SH. LL.M. (Rektor UAJY). Adapun moderator adalah Ir. Agus Hidayat, M.Sc. (Kapus KKPA LAPAN). Selain seminar, pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan naskah kerjasama antara LAPAN dan FH UAJY.

Acara seminar nasional ini kemudian dilanjutkan ke dalam sesi diskusi secara paralel di tiap-tiap kelas agar pembahasan masing-masing pokok kajian menjadi lebih terfokus dan efisien. Adapun sesi parallel di tiap kelas meliputi fokus Aspek Poleksosbud Hankam Penerbangan dan Antariksa; Aspek Peraturan Perundang-Undangan Penerbangan dan Antariksa; Kebijakan Nasioal Penerbangan dan Antariksa terkait Aspek Internasional.(One 21/10)


Sumber : http://www.uajy.ac.id/berita/seminar-nasional-menjawab-problema-dan-tantangan-kebijakan-dan-regulasi-penerbangan-dan-antariksa/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL