Kompetensi Utama

Layanan


Ekspedisi Menembus Langit Raih Penghargaan MURI
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/And • 28 Oct 2016 • Dibaca : 27981 x ,

Jabat tangan sebagai simbol pihak LAPAN dan AeroTerrascan menerima penghargaan MURI, saat siaran langsung di IDC Cyber Tower, Jakarta

Jumat (28/10), peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 membawa warna baru di dunia kedirgantaraan Indonesia. Berlokasi di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Garut, Jawa Barat, berlangsung ekspedisi Menembus Langit. Ekspedisi ini menerbangkan pesawat tanpa awak, dikenal dengan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang dibawa dengan balon cuaca, dengan tujuan mengeksplorasi stratosfer dan mengembangkan riset di bidang keantariksaan. Kegiatan ini tercatat dalam rekor MURI dengan kategori pesawat tanpa awak yang terbang pertama di Indonesia menembus lapisan stratosfer.

Ekspedisi Pesawat Ai-X1 ini mengulang kesuksesan trial flight yang telah dilakukan pada tanggal 27 Agustus 2016. Pesawat buatan AeroTerrascan tersebut diterbangkan menggunakan peluncuran balon cuaca milik LAPAN dan mampu menembus ketinggian 10 kilometer di atas permukaan laut. Sistem kontrol yang dikembangkan otonomus, dirancang mampu kembali secara otomatis ke titik awal peluncuran. Hal ini untuk mendukung pengembangan pesawat tanpa awak berkelanjutan. 

Sehingga capaian kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan teknologi High Altitude Long Endurance (HALE), yang kini menjadi tantangan bangsa Indonesia. Dengan pertimbangan biaya murah dan perawatan lebih mudah, teknologi tersebut menjadi salah satu solusi yang lebih menguntungkan dibanding wahana pemantauan menggunakan satelit maupun pesawat berawak. 

Menurut Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, hal tersebut sangat mendukung visi LAPAN dalam mengembangkan riset di bidang penerbangan dan antariksa. Indonesia sebagai negara maritim memiliki wilayah kemaritiman yang sangat luas, yang tentu saja perlu teknologi canggih untuk melakukan pemantauan secara efektif dan efisien. Contohnya, kebutuhan patroli kapal maupun pemantauan illegal fishing. “Pemantauan menggunakan satelit, dari segi visitasi atau keberulangannya sangat jarang. Sedangkan menggunakan patrol kapal akan terbatas cakupannya dan butuh biaya tinggi. Kegiatan ini sangat mendukung sistem maritim berbasis UAV untuk melakukan pemantauan secara real time,” jelasnya.

Pada kegiatan kali ini, penerbangan pesawat ditujukan untuk mengetahui tingkat ketahanan baterai ketika menembus lapisan stratosfer serta bagaimana cara meluncurkan agar hasilnya optimal menjangkau ketinggian wilayah tersebut. “Mimpi kami selanjutnya, peluncuran ini akan dikembangkan dengan menggunakan wahana roket. Sebagai tahapan awal, kami telah melakukan riset dan beberapa kali uji coba terhadap tipe roket yang pas untuk membawa wahana tersebut,” ujar Dian Rusdiana Hakim dari pihak AeroTerrascan. 

Banyak sekali manfaat dari kegiatan tersebut. Selain pengembangan riset aeronautika di dalam negeri, data yang dihasikan dapat dimanfaatkan penelitian lebih lanjut serta memacu percepatan teknologi keantariksaan nasional, salah satunya mengetahui dinamika atmosfer Indonesia, seperti cuaca dan iklim.

Program Ekspedisi Menembus Langit merupakan kegiatan bersama yang dijalin AeroTerrascan dengan LAPAN. Dalam hal ini, LAPAN bertindak sebagai fasilitator dan quality control dari segi teknis pelaksanaan kegiatan. Ekspedisi melibatkan kolaborasi berbagai pihak baik entitas maupun personal. 

Hasilnya, pesawat UAV mampu terbang dengan baik meskipun sempat terkendala cuaca, sistem otonomus terkontrol, serta transfer data dapat berlangsung dengan lancar. Selanjutnya, akan dilakukan uji terbang kembali di esok hari untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi sesuai dengan yang ditargetkan sebelumnya. Program ini menjadi simbol kebangkitan kedirgantaraan nasional. Sebagaimana diketahui, Indonesia menjadi negara produsen pesawat tanpa awak tertinggi di Asia Tenggara. Semangat ini yang dapat dijadikan pondasi dalam memacu bangsa ini untuk lebih berkarya lagi melakukan riset secara berkelanjutan. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL