Kompetensi Utama

Layanan


Tingkatkan Reformasi Birokrasi, LAPAN Selenggarakan Pelatihan
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/EN • 01 Nov 2016 • Dibaca : 7659 x ,

Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa membuka pelatihan.

LAPAN menyelenggarakan Bimbingan Teknis Agent of Change Lanjutan (Pelatihan Utama) di Balai Pertemuan Dirgantara, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (31/10). Bimtek ini bertujuan untuk memahami tugas sebagai agent of change dalam rangka membuat rencana aksi yang diaplikasikan pada unit atau satuan kerja masing-masing.

Acara dibuka oleh Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti. Ia mengatakan bahwa proses program reformasi birokrasi merupakan jalan yang panjang sejak digulirkan pada 2004. Pada 2024, LAPAN memiliki target untuk menjadi gold birokrasi kelas dunia. Ia melanjutkan untuk mendukung proses reformasi birokrasi, LAPAN terus meningkatkan berbagai proses contohnya prosedur rekruitmen sumber daya manusia.

Untuk mencapai reformasi birokrasi secara cepat, telah dibuat roadmap reformasi birokrasi dan pembentukan agen perubahan di intansi yang sedang melaksanakan proses tersebut. Rika menjelaskan, LAPAN telah melaksanakan berbagai tahapan untuk mencapai birokrasi yang baik, yaitu birokrasi berbasis dinamik yaitu tahapan peraturan terkait absensi.

Selanjutnya, di masa depan, LAPAN akan melaksanakan birokrasi berbasis performa yaitu peraturan tentang penilaian kinerja mulai 2017. Nantinya, laporan bulanan akan dinilai sesuai dengan substansi kinerjanya. Rika mengatakan, proses reformasi birokrasi di LAPAN harus dipercepat. Untuk itu, dibentuknya agen perubahan bertujuan sebagai katalisator yang berperan memberikan keyakinan kepada seluruh pegawai mengenai pentingnya perubahan. Agen perubahan juga berperan sebagai teladan bagi rekan-rekannya.Ia menjelaskan, terdapat tiga kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang agen perubahan yaitu kompetensi teknis, administrasi, dan hubungan interpersonal.

Pelatihan yang diikuti oleh pejabat eselon I, II, II, dan karyawan LAPAN ini membahas mengenai budaya organisasi. Dalam pelatihan ini disebutkan bahwa budaya organisasi telah menjadi dimensi yang dibutuhkan. Banyak penelitian membuktikan bahwa pendekatan budaya akan membawa organisasi menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan, budaya tersebut akan mengakar dan menjadi penggerak utama bagi setiap individu yang berada di dalamnya. Secara umum, program ini bertujuan untuk memberikan mindset yang benar sebagai Pelatih Utama serta membangun kemampuan berkomunikasi dan hubungan interpersonal yang baik.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL