Kompetensi Utama

Layanan


IndoDefence 2016 : LAPAN Pamerkan Pesawat tanpa awak dan Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB
Penulis Berita : Humas/Rz • Fotografer : Humas/Rz • 03 Nov 2016 • Dibaca : 20572 x ,

Pengunjung Indo Defence tertarik teknologi penerbangan dan antariksa

LAPAN kembali berpartisipasi dalam pameran industri dan teknologi alat pertahanan berskala internasional Indo Defence Expo dan Forum yang diselenggarakan pada tanggal 2-5 November 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pameran industri pertahanan internasional ini mengangkat tema “Bolstering Defence Industri Coorperation: Achieving a Global Maritime Fulcrum and Secure World". Tema tersebut sejalan dengan cita-cita Nawacita Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia

Dalam sambutannya wapres Jusuf Kalla mengatakan berbagai konflik hampir terjadi di beberapa negara di dunia, hal ini menjadi penting terkait dengan ketidakpastian keamanan internasional. Untuk menghadapi potensi konflik tersebut negara harus siap berperang dalam kondisi darurat.

“Apabila siap berperang maka siap juga untuk berdamai. Semua menjadi bagian dari kebijakan semua negara, apalagi Indonesia yang memiliki wilayah luas dan penduduk yang banyak," lanjutnya saat membuka pameran tersebut.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam laporannya berharap “ Indo Defence Expo and Forum 2016 ini  merupakan wadah untuk menjalin kerja sama teknologi pertahanan dan industri antarnegara serta memperkuat poros maritim bangsa”.

LAPAN sebagai perwakilan dari lembaga pemerintah turut berkontribusi dalam pameran yang diselenggarakan 2 tahun sekali ini dengan menampilkan pesawat tanpa awaknya LSU 02, LSU 03 NG, LSU 05 dan LSA UAV MALE yang memiliki misi salah satunya menjaga sekaligus mengawasi perbatasan negara Indonesia.

Tidak hanya itu saja, Mock Up Satelit LAPAN A3/IPB yang telah diluncurkan pada bulan juni tahun 2016 ini juga ditampilkan. Satelit ini memiliki kemampuan mengindentifikasi kapal laut ilegal dan memantau aktivitas di wilayah perairan Indonesia.
Berbagai Instansi pemerintah lainnya juga ikut ambil bagian, antara lain Badan Keamanan Laut (Bakamla), Badan SAR Nasional, BPPT, LIPI, TNI, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian.

Para delegasi dari sejumlah negara sahabat termasuk sejumlah duta besar nampak antusias mengunjungi pameran. Tahun ini tercatat ada 844 peserta dari 45 negara yang ikut dalam pameran dua tahunan tersebut. Seluruh peserta berasal dari 573 perusahaan asing dan 271 perusahaan dalam negeri.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL